Follow detikFinance
Senin, 13 Agu 2018 20:08 WIB

Bangun BTS di Pulau Terluar, Rini: Bisa Dorong Ekonomi Lokal

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Dok. Kementerian BUMN Foto: Dok. Kementerian BUMN
Rote Ndao - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meresmikan base transceiver station (BTS) tenaga surya untuk sistem telekomunikasi di Desa Oebela, Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pulau Rote sendiri merupakan pulau paling selatan Indonesia.

Rini berharap, adanya BTS akan memacu pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah terdepan Indonesia.

"Kami memang berharap ini adalah satu permulaan, kami harapkan tentunya komitmen BUMN terus membantu pertumbuhan ekonomi di area terdepan," ujarnya di Desa Oebela, Pulau Rote, NTT, Senin (13/8/2018).

Rini mengatakan, konektivitas penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, konektivitas tidak hanya jalan dan pelabuhan namun juga komunikasi.

"Tapi yang utama konektivitas komunikasi, karena kalau bisa komunikasi kita berharap masyarakat mengenal daerahnya, kita akan mengenal Oebela Rote. Kita harapkan orang semangat ke sini atau mau berdagang dengan masyarakat sini," jelasnya.


"Dengan demikian nanti BUMN dengan program-programnya bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sini. Di sini ternak cukup baik, bagaimana perbankan BRI, BNI bisa membantu masyarakat meningkatkan peternakannya," sambung Rini.

BTS ini sendiri dibangun menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) milik anak usaha PT Len Industri (Persero) yakni PT Surya Energi Indotama.

Direktur Utama Len Industri Zakky Gamal Yasin mengatakan, perseroan berinvestasi peralatan pada PLTS dan tower kemudian disewakan kepada operator telekomunikasi. PLTS sebagai sumber listrik utama memiliki kapasitas 4.680 watt peak yang terdiri dari 18 unit panel surya 260 watt peak. Serta, dilengkapi pula dengan 24 unit baterai.

"Di tengah persaingan bisnis energi yang begitu ketat di Indonesia, khususnya tenaga surya, investasi PLTS bagi Len merupakan terobosan baru melalui dukungan regulasi yang dikeluarkan pemerintah dalam memajukan daerah-daerah 3T," ujarnya.



Saksikan juga video ' Menteri BUMN Blusukan ke Pabrik Kereta di Madiun ':

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed