Proyek Pelabuhan Patimban Masih Tahap Persiapan

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Selasa, 14 Agu 2018 14:24 WIB
Foto: Pradita Utama
Jakarta - Proyek Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat mulai dikerjakan pada Agustus 2018 ini. Fase pertama proyek ini menelan biaya Rp 9 triliun.

Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus H. Purnomo menjelaskan saat ini persiapan pekerjaan tengah dilakukan di lokasi. Kementerian Perhubungan sudah menyerahkan proyek ini pada konsorsium Penta Ocean-Toa-Rinkai-PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT PP (Persero) Tbk untuk digarap.

"Sekarang pembangunan sedang jalan. Mereka sedang persiapan. Realnya memang saya belum ada update, tapi mereka kan perlu alat-alat persiapan untuk kerja di laut. Karena akses ke pembangunan pelabuhan dari laut semua dan sementara jalan darat ada eksisting road," katanya saat ditemui di di Gedung Bina Marga, Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (14/8/2018).


Pembangunan Pelabuhan Patimban tahap I sendiri akan menyelesaikan terminal kendaraan atau terminal car. Pelabuhan Patimban akan memiliki terminal kendaraan dengan dermaga sepanjang 300 meter serta terminal peti kemas 420×35 meter.

Agus mengatakan saat ini kontrak pengerjaan Pelabuhan Patimban tahap I semua sudah ditandatangani. Pengerjaan proyek Pelabuhan Patimban fase I tahap pertama akan bisa April 2019.

"Kita kan target soft opening April 2019. Nanti jalan aksesnya menyesuaikan. Tapi harus sudah bisa dilewati. Nanti kita sinkronisasi antara pembangunan pelabuhan dan jalan sehingga nanti tahapannya April 2019 sudah bisa dilewati untuk car terminal," jelasnya.


Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut baru saja menandatangani kontrak dengan kontraktor pembangunan Pelabuhan Patimban fase I tahap pertama. Kontraktor yang memenangkan lelang yaitu konsorsium perusahaan Jepang dan Indonesia.

Konsorsium itu terdiri dari tiga perusahaan Jepang yaitu, Penta Ocean Construction Co., LTD, TOA Construction Corporation, dan Rinkai Construction Co Ltd. Sedangkan perusahaan dari dalam negeri yaitu, PT PP (Persero) dan PT Wijaya Karya (Persero).

Kontrak pembangunan jalan akses pelabuhan Patimban juga baru saja dilakukan. Jalan akses ke Patimban ditargetkan bisa rampung lebih awal dari waktu pelaksanaan yakni pada akhir 2019.


Saksikan juga video ' Konstruksi Pelabuhan Patimban Mulai Dilaksanakan Awal Agustus ':

[Gambas:Video 20detik]

(eds/zlf)