Follow detikFinance
Selasa, 14 Agu 2018 21:20 WIB

LRT Palembang Mogok, Menhub Minta Maaf

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Raja Adil Siregar/detikcom Foto: Raja Adil Siregar/detikcom
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta maaf atas kejadian mogoknya light rail transit (LRT) Palembang beberapa hari lalu. Pihaknya pun akan melakukan evaluasi hal itu.

Pasalnya, menurut Budi LRT Palembang merupakan proyek dalam negeri pertama yang diproduksi.

"Saya akan evaluasi maksimal agar itu tidak terjadi lagi. Saya minta maaf atas kejadian itu. Bukan alasan cuma memang LRT Palembang upaya kita memberanikan diri untuk segera dilakukan dengan produk dalam negeri," jelas Budi di Kantor Kemenko Bidang Kemaritiman, Selasa (14/8/2018).



Lebih lanjut, ia menjelaskan pengoperasian LEt tersebut pada dasarnya merupakan salah satu aksi nekat. Sebab dikebut agar selesai lebih cepat.

"Saya memberanikan diri mendorong commissioningnya, sekali lagi ini tidak alasan, teman-teman menolak tapi saya bilang usulkan," imbuhnya.

Ia pun menilai kejadian tersebut terjadi karena kesalahan standar operasi. Untuk itu ia meminta kepada pihak terkait menyelesaikan masalah tersebut.



Dengan begitu, ke depan diharapkan tidak ada lagi masalah dalam pengoperasian LRT.

"Dari identifikasi yang dilakukan adalah SOP dan teknis. Oleh karena itu saya tugaskan stakeholder di sana baik perhubungan, Waskita, INKA, KAI, benar-benar menjaga semua instalasi. Insyaallah berjalan baik dan tidak ada gangguan," pungkasnya.

Sekadar informasi, LRT Palembang telah mengalami tiga kali mogok sejak dioperasikan. Padahal, LRT tersebut diharapkan mampu beroperasi dengan baik pada pergelaran Asian Games.


Saksikan juga video ' Kereta LRT Palembang Mogok Lagi, Penumpang Panik ':

[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed