Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 16 Agu 2018 11:54 WIB

Jokowi: Infrastruktur untuk Pemerataan Ekonomi Berkeadilan

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: dok. PUPR
Jakarta - Pemerintah gencar membangun berbagai pembangunan infrastruktur. Pembangunan dilakukan mulai dari Sabang sampai Merauke.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah ini untuk menciptakan ekonomi yang berkeadilan untuk seluruh masyarakat.

"Pemerintah bekerja untuk menghadirkan pemerataan ekonomi yang berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Jokowi dalam sidang tahunan di DPR, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Jokowi menjelaskan bahwa pemerintah fokus untuk percepatan pembangunan sumber daya manusia. Hal ini dilakukan untuk mendorong pembangunan nasional.

Dengan adanya pembangunan infrastruktur, kata Jokowi, maka sentra-sentra baru akan terus tumbuh di berbagai lokasi. Dengan begitu, maka ekonomi lokal bisa ikut terdorong lebih maju.


"Sentra-sentra pertumbuhan ekonomi baru kita dorong terus tumbuh sejalan dengan pembangunan infrastruktur. Pelabuhan, bandara, rel kereta api, jalan, dan jalan tol dibangun terintegrasi dengan sentra- sentra pertumbuhan ekonomi daerah sehingga bisa memberi nilai tambah bagi pengembangan wilayah dan juga berdampak pada UMKM," kata Jokowi.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengatakan pembangunan infrastruktur bisa mendorong peningkatan konektivitas menjadi lebih maju. Dengan konektivitas, maka daya saing Indonesia juga ikut terdorong.

"Begitu pula dengan pembangunan infrastruktur transportasi massal modern di perkotaan, seperti LRT dan MRT, akan membangun budaya baru, peradaban baru dalam bidang transportasi massal," kata dia.

"Peradaban baru yang tidak ada pembandingnya dalam sejarah negara kita karena sama sekali belum pernah dilakukan. Sekali lagi, pembangunan infrastruktur fisik juga sekaligus bagian dari strategi kebudayaan dalam menghadapi tantangan-tantangan kekinian dan masa depan," tutupnya.


Saksikan juga video ' Jokowi: Pembangunan Infrastruktur untuk Berantas Kemiskinan ':

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com