Follow detikFinance
Sabtu, 18 Agu 2018 09:36 WIB

Fakta Tol Pertama Borneo, Cikal Bakal Trans Kalimantan

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Halaman 1 dari 6
Foto: Istimewa/Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Foto: Istimewa/Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR
Balikpapan - Warga Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur patut bangga. Dalam waktu dekat pulau berjuluk Borneo itu akan punya jalan tol untuk pertama kalinya. Jalan bebas hambatan pertama di Kalimantan itu membentang sepanjang 99,35 km dari Balikpapan hingga Samarinda.

Jalan tol tersebut menjadi awal bagi pembangunan Trans Kalimantan yang akan melingkari pulau terbesar ketiga di dunia tersebut. Menyusul Jawa dan Sumatera yang telah lebih dulu mempunyai jaringan jalan tol dari ujung ke ujung pulau, beroperasinya tol Balikpapan-Samarinda akan menjadi awal dibangunnya jaringan tol lain di Kalimantan seiring dengan perkembangan ekonomi yang nanti terjadi.

Jaringan jalan dari Balikpapan menuju Samarinda sendiri saat ini hanya ada satu akses dan memiliki lajur yang cukup sempit. Hal tersebut membuat waktu tempuh antara kedua kota yang berjarak sekitar 154 km mencapai empat jam.

Saat ini pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda terus dikebut. PT Jasamarga Balikpapan Samarinda tengah mengejar ketertinggalan atau deviasi progres konstruksi terhadap kontrak yang mencapai 3%.

Meski terdapat deviasi, tol ini diharapkan bisa beroperasi pada awal 2019 atau lebih cepat dari yang ada pada perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT). Bagaimana fakta terkini tol pertama cikal bakal Trans Kalimantan ini? Berikut ulasan lengkapnya:

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed