Follow detikFinance
Sabtu, 18 Agu 2018 19:40 WIB

Rini Kejar Target Selesaikan 800 Km Tol Hingga 2019

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Dok Foto: Dok
Jakarta - Pemerintah tengah mendorong pembangunan infrastruktur termasuk jalan tol. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno pun menargetkan hingga akhir 2019 mampu menyelesaikan hingga 800 kilometer (km) jalan tol baru.

Rini mengatakan total penyelesaian jalan tol yang akan dilakukan hingga tahun 2019 sepanjang 1.200 km dan saat ini baru terbangun sekitar 400 km. Dengan demikian, masih ada target 800 km yang harus dibangun.

"Nah, BUMN sendiri infrastruktur karena jalur yang kita selesaikan kita ini pada akhir 2019 akan total selesai 1.200 km lebih masih dan itu yang harus selesai karena sekarang yang terselesaikan baru 400-an km, 450 km," kata dia di Petojo Selatan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).


Ia pun memperhitungkan pengeluaran infrastruktur di tahun 2019 akan lebih besar dibanding sebelumnya. Pasalnya, masih ada beberapa tambahan proyek yang mesti dikerjakan.

"Jadi pengeluaran akan cukup besar selain itu masih kita tambah Padang-Sicincin dan sekarang sedang melakukan studi (jalan) dari Aceh ke Medan dan sekarang kita menyelesaikan tambahan Pekanbaru-Dumai ini mungkin investasi untuk jalan tol Rp 10 triliun lebih untuk jalan," papar dia.


Lebih lanjut, Rini juga menjelaskan akan menawarkan pengelolaan jalan tol tersebut kepada swasta. Dengan begitu, dana yang didapatkan akan digunakan kembali untuk menambah proyek jalan tol baru.

"Kita sedang mempersiapkan beberapa jalur jalan tol yang kita bangun yang sudah selesai maupun setengah selesai kita akan tawarkan kepada investor. Nah kita tawarkan ke investor bagaimana? Apa kita jual? Nggak, bagaimana investor partner-an sama kita kalau sekarang kita memiliki 100% mungkin kita tawarkan 45%-49% tetap kontrol ada di kita. Jadi kemudian jumlah ini dipergunakan untuk tambahan (jalan tol) yang baru," jelasnya.

Selain itu, Rini juga mengatakan pembangunan dirinya juga akan menyelesaikan pembangunan pelabuhan sebanyak 94 pelabuhan di Indonesia timur maupun barat hingga akhir 2019.


Saksikan juga video ' Menteri Rini Temui Djarot, Bahas Evaluasi Proyek Pembangunan ':

[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed