Follow detikFinance
Minggu, 19 Agu 2018 17:00 WIB

Soal Sampah dan PKL di Rel, KAI: Sekarang Ditindak, Besok Banyak Lagi

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Menanggapi omelan Menteri BUMN Rini Soemarno soal jalur kereta rel listrik (KRL) yang dinilai kotor. Kepala Humas PT KAI, Agus Komarudin menjelaskan, langkah sosialisasi dan koordinasi sudah optimal dilakukan untuk mengamankan kawasan jalur kereta.

Agus menjelaskan ketika langkah pengamanan berupa pemagaran dilakukan, masyarakat di kawasan rel kereta api tetap bandel dan masih tetap membangun tempat tinggal di kawasan yang sudah dibongkar.

"Terkait pembersihan, tapi memang ketika dibongkar sudah, besoknya sudah banyak yang membangun bangunan liar lagi," kata dia kepada detikFinance, Minggu (19/8/2018).



Selain permasalahan soal bandelnya warga yang kerap kali membangun pemukiman di kawasan rel kereta. Permasalahan lain mengenai sampah juga menjadi sorotan utama. Pasalnya setelah kawasan rel di pagar dan di tembok, masyarakat kerap kali membuang sampah ke kawasan rel.

"Kemudian soal yang membuang sampah juga itu ada yang membuang dari masyarakat. Memang ini tidak sepanjang jalur sih ya, itu memang tidak semua kawasan. Tapi misalnya itu ada di kawasan Tanah Abang dan Pasar Senen itu lah," kata dia.



mengenai permasalahan tersebut, pihaknya sudah melakukan komunikasi dan sosialisasi yang intensif dengan pihak kewilayahan untuk menangani kasus ini.

"Tentunya kita sudah sering dan akan terus melakukan komunikasi dan sosialisasi secara intensif ya dengan kewilayahan dan pemerintah daerah. Sebenarnya sih soal penertiban ini sudah banyak dilakukan oleh pemda dan kami soal pembersihan. Tapi dengan adanya Ibu Rini kemarin mungkin akan mempermudah kita untuk berkoordinasi dengan pihak kewilayahan dan Kemenhub juga," jelas dia.


Saksikan juga video ' Duh.. Bantaran Rel Disulap Jadi Parkiran dan Peternakan ':

[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed