Follow detikFinance
Minggu, 19 Agu 2018 23:18 WIB

Kebangetan, Ada Warga yang Bikin Sumur Dekat Rel

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Kawasan jalur Kereta Api kerap kali digunakan oleh orang pinggiran untuk dibangun tempat tinggal sampai membuang sampah. Bahkan beberapa kali PT Kereta Api Indonesia (KAI) menemukan masyarakat yang membuat sumur di pinggiran rel kereta api.

"Ini harusnya sama sama mendukung lah, kalau sudah kotor juga kan susah juga kan. Dari segi pemandangan juga kurang bagus juga. Bahkan ada juga yang buat sumur dan sebagainya," jelas Humas PT KAI Agus Komarudin kepada detikFinance, Minggu (19/8/2018).



Permasalahan dari adanya pembuatan sumur di kawasan rel kereta api juga bukan hanya soal estetika. Namun juga di bawah kawasan jalur tersebut terdapat kabel kabel sinyal. Hal itu ditakutkan akan merusak sistem perkeretaapian.

"Kan di bawah jalur itu juga yang warga kan ada kabel kabel sinyal dan sebagainya," kata dia.

Kawasan rel kereta api yang banyak digunakan warga sebagai pemukiman serta banyaknya sampah di kawasan rel kereta juga membuat pemandangan KRL mejadi begitu kumuh.



Ia menjelaskan permasalahan ini hanya bisa dipecahkan bila ada koordiansi dari pemerintah daerah dan juga masyarakat.

"Tidak bisa diatasi tapi cuma memang persoalannya kan tergantung kesadaran dengan pemerintah dan kewilayahannya. Kalau di Bekasi itu masih ada bekas bekasnya tuh bekas penertiban. Tapi setelah itu kan penertiban sudah dilakukan tapi akhirnya datang lagi," papar dia.


Saksikan juga video ' Duh.. Bantaran Rel Disulap Jadi Parkiran dan Peternakan ':

[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed