Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 28 Agu 2018 14:06 WIB

Menhub Jamin Kereta Kencang JKT-SBY Pakai Produk Lokal

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Menhub Budi Karya Sumadi/Foto: Ari Saputra Menhub Budi Karya Sumadi/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pemerintah akan membangun kereta kencang Jakarta-Surabaya. Proyek ini melibatkan Jepang melalui JICA (Japan International Cooperation Agency).

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memastikan proyek kereta kencang Jakarta-Surabaya memakai produk lokal alias local content (kandung lokal) ini. Ini sesuai perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengurangi impor di proyek-proyek infrastruktur.


"Kereta semi cepat Jakarta-Surabaya dalam proses FS (Feasibilty study). Saya akan minta pra FS-nya dalam waktu dekat dan saya akan memantau berapa lokal kontennya ditingkatkan, tetapi secara sistematis menjadi TOR untuk meningkatkan local content," ujar Budi usai acara Seminar Nasional Kebangkitan BUMN di Sektor Perhubungan, di Finance Hall Graha CIMB, Jakarta Selatan, Selasa (28/8/2018).

Sebelumnya Kemenhub mengevaluasi Pelabuhan Patimban dan proyek kereta kencang Jakarta-Surabaya. Dua proyek ini dievaluasi untuk melihat tingkat kandungan lokal yang bakal digunakan dalam proyek.


Salah satu produk lokal yang sedang dikaji adalah rangkaian kereta. Menurut Budi terbuka peluang PT INKA menjadi penyedia rangkaian kereta untuk proyek tersebut.

" Kalau memungkinkan, iya (pakai INKA). Lagi dalam tahap penjajakan," terang Budi

Kemenhub juga sedang mengkaji nilai proyek kereta kencang Jakarta-Surabaya. Nilai investasi proyek tersebut diperkirakan Rp 60 triliun.

Budi mengatakan nilai investasi tersebut masih bisa berubah sesuai kondisi di lapangan.

"Kita juga harus realistis kan kita pakai konsultan artinya kalau dia 61 (Rp 61 triliun), naik 1 triliun apa. Kalau kita bisa 55 (Rp 55 triliun) apa alasannya. Kita obyektif angka-angka tersebut," kata Budi Karya


Saksikan juga video '5 Windu BPPT, Menhub Dorong Perkembangan Teknologi Kereta Api':

[Gambas:Video 20detik]

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com