Tol Pemalang-Batang Dapat Tambahan Kredit Rp 2 T

Dana Aditiasari - detikFinance
Selasa, 28 Agu 2018 14:11 WIB
Foto: Robby Bernardi
Jakarta - PT Pemalang Batang Tol Road (PBTR) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) ruas Pemalang-Batang yang mayoritas sahamnya dimiliki PT Waskita Toll Road (60%), pada tanggal 27 Agustus 2018 telah menandatangani perjanjian kredit sindikasi atau tambahan fasilitas Kredit Investasi (KI) dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) selaku lead bank pemberi fasilitas sebesar Rp 2,03 Triliun.

Kredit Sindikasi yang diberikan ini merupakan kelanjutan dari Kredit Sindikasi Tahap I yang ditandatangani pada tanggal 24 Mei 2017 lalu senilai Rp 3,22 triliun, sehingga total fasilitas yang diperoleh PBTR menjadi sebesar Rp 5,25 triliun. Total fasilitas tersebut digunakan untuk kebutuhan investasi pembangunan jalan tol PBTR hingga 70%.



Jalan tol ruas Pemalang Batang sepanjang 39,2 km merupakan bagian dari ruas tol Trans Jawa dan merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN). Adapun progres proyek yang telah dikerjakaan oleh PBTR mencapai 88,18% dari total pengerjaan keseluruhan.

Dalam waktu dekat PBTR akan mengoperasikan terlebih dahulu ruas tol Sewaka-Gandulan sepanjang 6 km, sedangkan pengoperasian seluruh ruas ditargetkan rampung pada bulan November 2018.



Penyelesaian proyek tol ini akan memberikan kontribusi tersambungnya ruas-ruas jalan tol khususnya dari Kanci sampai dengan Semarang.
PBTR dimiliki oleh dua pemegang saham yaitu PT Waskita Toll Road (WTR) sebesar 60% dan sisanya PT Sumber Mitra Jaya (SMJ) sebesar 40%.


Saksikan juga video 'Jalan Tol Pemalang-Semarang Disiapkan untuk Jalur Mudik':

[Gambas:Video 20detik]

(dna/fdl)