Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 11 Sep 2018 10:38 WIB

Double Double Track Manggarai-Cikarang Selesai 2020, Ini Manfaatnya

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Proyek jalur kereta api dwi ganda (Double Double Track/DDT) Manggarai-Cikarang diperkirakan bisa selesai pada 2020. Target itu lebih cepat dari sebelumnya.

Jika itu selesai, lalu apa saja manfaatnya?

Executive Vice President Daop 1 Jakarta R. Dadan Rudiyansyah mengatakan, manfaat utama dari adanya jalu DDT Manggarai-Cikarang itu memang untuk menambah kapasitas hilir mudik kereta, baik itu kereta antar kota maupun commuter line.

"Manfaatnya pasti peningkatan kapasitas. Bisa dua kali lipat," ujarnya tadi malam di Gambir, Jakarta, Senin (11/9/2018) malam.


Penambahan jalur kereta memang sepertinya sangat dibutuhkan. Untuk wilayah DAOP 1 saja ada sekitar 1.300 lebih perjalanan kereta api setiap hari ini.

Sementara paling banyak memang melewati Stasiun Manggarai. Hampir setengah dari total perjalanan kereta api yang diatur DAOP 1 ada di Stasiun Manggarai.

"Sekarang di Manggarai saja ada 720 perjalanan kereta api yang lewat," tambahnya.


Dengan adanya DDT tersebut, Dadan yakin waktu yang dihabiskan para penumpang commuter line juga lebih sedikit. Sebab kereta commuter line tak lagi harus mengalah jika ada kereta lintas kota.

"Sekarang kan banyak antre, ya nanti enggak akan ada antrean. Nanti jalur KRL ya khusus KRL, terus kalau untuk kereta antar kota juga khusus," tambahnya. (das/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com