Follow detikFinance
Selasa, 11 Sep 2018 22:35 WIB

Progres Hampir 50%, Tol Japek Elevated Beroperasi saat Mudik 2019

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul Jannah Foto: Selfie Miftahul Jannah
Jakarta - Pengerjaan konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) hampir mendekati 50%. Jika semua pengerjaan berjalan lancar, jalan tol ini dapat beroperasi tahun depan.

Demikian diungkapkan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Desi Arryani saat melakukan kunjungan kerja ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek II bersama sejumlah direksi Jasa Marga lainnya. Kunjungan ini untuk memantau langsung perkembangan pembangunan proyek jalan tol sepanjang 36,40 km tersebut.

Pada kesempatan itu, Desi mengatakan pihaknya terus berupaya mempercepat pembangunan proyek. Dengan begitu, jalan tol ini bisa dimanfaatkan untuk arus mudik Lebaran 2019.

"Kami berharap, saat arus mudik Lebaran tahun 2019, jalan tol ini sudah bisa beroperasi fungsional dengan progres mencapai 85-90%. Kami harapkan ini semua dapat tercapai," ujar Desi dalam keterangannya, Selasa (11/9/2018).


Ia menambahkan, pengerjaan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II yang dilakukan berbarengan dengan pengerjaan proyek-proyek lainnya, seperti Light Rail Transit (LRT) dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing memang kurang ideal karena menimbulkan kemacetan.

"Tapi, memang ini harus kami lakukan karena kalau tidak dilakukan, kemacetan Jakarta-Cikampek akan lebih parah lagi. Kami mohon maaf dan kepada pengguna jalan harap bersabar sampai pertengahan tahun depan sehingga proyek ini benar-benar beroperasi dan bisa membagi kepadatan ruas Jakarta-Cikampek eksisting," tambahnya.

Seperti diketahui, jalan Tol Jakarta-Cikampek II yang berada di atas Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting terbentang dari Cikunir sampai Karawang Barat dengan total panjang 36,4 km. Jalan tol ini terdiri dari dua area, yaitu area Cikunir- Cikarang Utama dan Cikarang Utama-Karawang Barat.


Nantinya, jalan tol ini berfungsi untuk mengurangi kepadatan panjang yang berada di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek merupakan jalur alternatif bagi pengguna jalan tol yang akan menuju ke Cikampek maupun Bandung.

Jalan tol ini juga dapat menunjang distribusi arus barang dan jasa, baik yang menuju maupun keluar Jakarta dari Jawa Barat dan berlanjut dari atau ke Jawa Tengah hingga Jawa Timur. (fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed