Follow detikFinance
Kamis, 13 Sep 2018 16:27 WIB

Warga Jabar, ke Pangandaran dan Kawah Putih Nanti Bisa Naik Kereta

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Jawa Barat bakal punya kereta api tujuan Pangandaran, Kawah Putih, hingga Jatinangor. Informasi tersebut disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui akun Twitternya.

Rencana tersebut merupakan hasil rapat kerja antara dia dengan Direksi PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI.

"Siap-siap Ke Pangandaran, Kawah Putih dan Jatinangor naik Kereta Api," tulis Ridwan Kamil lewat akun @ridwankamil seperti dikutip detikFinance, Kamis (13/9/2018).


Dikonfirmasi terpisah, Humas PT KAI Agus Komarudin mengatakan, pihaknya memang sudah melakukan pertemuan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar. Kedua pihak berkomitmen untuk mengembangkan sektor perkeretaapian di sana.

"itu sebenarnya kita ada pertemuan kemarin dengan jajaran direktur kami. Ya punya visi yang sama lah terkait dengan pengembangan perkeretaapian di Jawa Barat," kata Agus kepada detikFinance, Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Dia mengatakan, nantinya antara PT KAI, Pemprov Jabar, dan Kementerian Perhubungan akan melakukan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU).


"Nanti tidak tertutup kemungkinan ada MoU antara PT KAI, Gubernur Jabar, dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Tiga institusi itu yang akan lakukan MoU ke depannya ya," sebutnya.

Dia menjelaskan, sebenarnya program perkeretaapian tersebut sudah ada di Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIPNas).

Namun melihat respons Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang bagus, menurut Agus rencana tersebut bisa segera direalisasikan. Ditambah jalan raya di sana sudah begitu macet.


"Kebetulan respons sekali dari Pak Ridwan Kamil terkait perkembangan perkeretaapian di Jawa Barat, karena sekarang Jawa Barat sudah macet segala macam," tambahnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed