Follow detikFinance
Jumat, 14 Sep 2018 18:43 WIB

Ada Kereta, Bandung-Kawah Putih Cuma 1,5 Jam dan Lebih Hemat

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Wisma Putra Foto: Wisma Putra
Jakarta - Masyarakat bakal punya alternatif angkutan umum ke kawasan wisata Pangandaran dan Kawah Putih di Jawa Barat, yakni menumpang kereta. Naik kereta diyakini bakal lebih cepat dan murah.

Humas PT KAI (Persero) Agus Komarudin mengatakan menggunakan kereta ke Kawah Putih lebih cepat daripada kendaraan roda empat.

Dia mensimulasikan, menggunakan kendaraan roda empat, dalam hal ini kendaraan pribadi, butuh waktu 3 jam dari Bandung ke Kawah Putih, Ciwidey. Jika macet, waktu tempuhnya bertambah jadi rata-rata 4,5 jam.


"Ke sana itu berikut macetnya hampir sekitar rata rata 4,5 jam, kalau normal sih 3 jam lah," katanya kepada detikFinance, Jakarta, Jumat (14/9/2018).

Sementara dengan kereta yang nanti bakal beroperasi ke Kawah Putih, dari Bandung hanya memakan waktu kira-kira 1,5 jam.

"Kalau dengan kereta ya sekitar, kira kira Bandung-Ciwidey paling kurang lebih 1,5 jam lah," sebutnya.


Terkait tarif, Agus mengatakan bakal lebih murah daripada naik kendaraan roda empat, meskipun dia belum bisa menyebutkan berapa kisaran tarifnya.

"Kalau ada kereta api kan masyarakat tentunya punya pilihan alternatif, apalagi kalau dengan kereta api tentunya bisa lebih murah ya, terjangkau lah," paparnya.

Guna memastikan tarifnya terjangkau buat masyarakat, ada 2 skema yang bisa diterapkan, yakni dengan kewajiban pelayanan publik (public service obligation/PSO), atau dengan skema tarif kereta perintis. Skema tersebut yang akan menentukan pemerintah.

"Nanti ketentuan skemanya sih nanti tentunya dari pemerintah soal pentarifan ya. Cuma sih bisa PSO, bisa kereta perintis. Yang nentukan nanti pemerintah soal tarif ya," tambahnya.


Bila menggunakan sistem tarif kereta perintis, dipastikan ongkos Bandung-Kawah Putih akan sangat murah. Sebagai gambaran, seperti pernah diberitakan detikFinance, menurut Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri, tarif kereta perintis berkisar antara Rp 3.000-Rp 4.000.

"Pemerintah (yang menentukan tarif). Yang melihat berdasarkan daya beli masyarakat juga, bervariasi, tiap wilayah nggak sama. Paling rendah Rp 3.000 paling tinggi Rp 4.000," katanya di Jakarta, Jumat (19/1/2018). (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed