Follow detikFinance
Sabtu, 15 Sep 2018 10:45 WIB

Jokowi Bakal Resmikan Jalan Trans Papua Jayapura-Wamena

Wilpret Siagian - detikFinance
Foto: Wilpret Siagian Foto: Wilpret Siagian
Jayapura - Jalan Trans Papua, Jayapura-Wamena sepanjang 575 kilometer (km) sementara ditutup karena masih ada pekerjaan di lima titik yakni di km 300-400.

Ruas jalan tersebut akan selesai dikerjakan pada Desember 2018 dan diharapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan penggunaannya.

"Sebelumnya jalan ini sudah fungsional, namun masih ada lima titik yang kelandaiannya cukup terjal, sehingga harus kita turunkan agar aman untuk kenderaan," ujar Kepala Balai Pembangunan Jalan dan Jembatan PUPR Wilayah XVIII Papua, Osman Harianto Marbun di Jayapura, Sabtu (15/9/2018).


Lima titik yang paling sulit dan terjal yakni gunung kali Edan, kali Gilika, kali Koku dan dua jembatan yang sedang dikerjakan. Bahkan untuk mencapai kelandaian standar PU harus dilakukan penurunan gred hingga 17 meter.

"Pada kilometer 370 ini jalannya sangat terjal sehingga harus kita turunkan gred sampai 17 meter, selain untuk kelandaian juga mengatasi tanah longsor karena daerah ini rawan longsor," kata Osman.


Hebatnya lagi, kata Osman, dengan terbukanya jalan trans Papua ruas Jayapura-Wamena, akses menuju delapan kabupaten di wilayah Pengunungan Papua yakni Yalimo, Jayawijaya, Tolikara, Puncak Jaya, Puncak (Sinak-Ilaga), Lanny Jaya, Memberamo tengah dan Nduga sampai Mbua. Kemudian akan tersambung ke Yahukimo, Boven Digoel hingga ke Merauke.

Dia mengatakan, antusiasme masyarakat untuk menggunakan jalan ini sudah tidak terbendung lagi, karena terbukanya jalan ini menyebabkan harga barang-barang di Wamena dan Yalimo drastis turun.

Jokowi Bakal Resmikan Jalan Trans Papua Jayapura-WamenaFoto: Wilpret Siagian
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed