Follow detikFinance
Senin, 24 Sep 2018 17:24 WIB

Segera Operasi, Berapa Tarif Tol Desari?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
FOKUS BERITA Tol Desari Siap Dibuka
Jakarta - Pembangunan Tol Depok-Antasari (Desari) seksi I Antasari-Brigif sudah rampung dan siap untuk dioperasikan. Saat ini, tol tersebut tengah menjalani uji layak fungsi. Lantas, berapa tarif tol ini?

Direktur Utama PT Citra Waspphutowa Djoko Sapto menerangkan, keputusan tarif belum ada hingga saat ini. Keputusan tarif baru keluar setelah uji layak fungsi selesai.

Namun, dirinya mengaku tengah berdiskusi dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) terkait besaran tarif tol.

"Tarif sih belum, setelah layak fungsi dinyatakan selesai, setelah diresmikan ada masa uji coba sekaligus paralel kita lagi berhitung dengan BPJT berapa sih, ini lagi proses ke sana," kata Djoko kepada detikFinance di kantornya, Senin (24/9/2018).



Lebih lanjut, dia menerangkan, dalam Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) tarif untuk tol ini sebesar Rp 1.168 per kilometer (km). Namun, tarif itu perlu dihitung ulang sejalan dengan peningkatan nilai investasi.

"Kita saat PPJT tahun 2014 waktu dibuka Rp 1.168 per km waktu itu, sekarang lagi kita hitung," ujarnya.

Berdasarkan hitungannya, tarif Tol Desari Seksi I Antasari-Brigif sepanjang 5,8 km seharusnya di kisaran Rp 8.000 hingga Rp 9.000. Tarif itu berdasarkan hitungkan untuk per km sebesar Rp 1.400.

"Harusnya Rp 8.000-9.000, Rp 1.168 dibawa tahun 2018 mungkin per km Rp 1.400 ya, cuma ya kita belum, tetap nanti ditentukan setelah hitungan dengan pihak BPJT," tambahnya.


"Yang terakhir Becakayu Rp 1.500/km, mungkin kita nggak jauh dari situ," ujarnya. (dna/dna)
FOKUS BERITA Tol Desari Siap Dibuka
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed