Follow detikFinance
Senin, 24 Sep 2018 23:23 WIB

Jokowi: Jalan Tol RI 43 Tahun Hanya 780 Km, China 280.000 Km

Trio Hamdani - detikFinance
Presiden Joko Widodo/Foto: Rengga Sancaya Presiden Joko Widodo/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membandingkan kondisi infrastruktur di Indonesia dengan di China. Dia mengungkapkan fakta infrastruktur Indonesia tertinggal dari negeri tirai bambu tersebut.

Sebagai contoh, Jokowi membandingkan jumlah bendungan yang sudah dibangun di Indonesia dengan China. Bendungan di Indonesia baru ada 321, sementara di China 110.000.


"Saya ingin ingatkan kita semua, saya berikan contoh bendungan sampai saat ini, 3 tahun lalu punya 231 waduk dan AS 6.000 bendungan, China 110.000 bendungan," sebut Jokowi dalam HUT ke-50 Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Hotel Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta, Senin (24/9/2018).

Menurut Jokowi ketertinggalan tersebut harus dikejar. Apalagi bukan hanya bendungan yang ketinggalan. Infrastruktur jalan tol Indonesia juga kalah jauh dari China.


"Jalan tol sampai 2015 awal, selama 43 tahun hanya 780 km, China 280 ribu km," paparnya.

Jokowi menyadari Indonesia masih punya pekerjaan rumah yang cukup besar di bidang infrastruktur, mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan yang masing-masing perlu diperhatikan.


"Paling enak kita bandingkan sehingga kita harus ngebut kejar ketertinggalan itu apalagi di Indonesia bagian timur, jalan tol pelabuhan, jalur kereta api, airport semua perlu itu, 17 ribu pulau yang kita miliki," tambahnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed