Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 25 Sep 2018 12:28 WIB

Dibandingkan Jokowi dengan China, Berapa Panjang Tol RI Sekarang?

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi Jalan Tol/Foto: Dok. Jasa Marga Ilustrasi Jalan Tol/Foto: Dok. Jasa Marga
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan panjang jalan tol di Indonesia jauh tertinggal dari China. Saat ini, negeri tirai bambu tersebut punya tol sepanjang 280.000 kilometer (km). Lantas, berapakah panjang tol di Indonesia saat ini?

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna menyampaikan saat ini Indonesia punya tol yang sudah beroperasi sepanjang 1.234 km. Angka tersebut adalah update per Agustus.

"Sekarang itu (panjang tol di Indonesia) 1.234 km. Tapi itu yang sudah beroperasi ya," kata dia kepada detikFinance, Jakarta, Selasa (25/9/2018).



Herry menjelaskan, saat ini ada ruas tol yang secara fisik sudah selesai tapi belum ditambah ke panjang tol 1.234 km. Hal itu karena tol tersebut belum beroperasi. Ketika sudah beroperasi baru dijumlahkan dengan total tol yang sudah beroperasi saat ini.

"Panjang tol saat ini yaitu 1.234 km belum ditambah oleh ruas-ruas tol yang sudah selesai tapi belum dioperasikan. Misalnya Ciawi-Sukabumi, fisik sudah selesai tapi belum dioperasikan, belum kita tambahin," paparnya.

Sebelumnya, Jokowi memaparkan angka perbandingan infrastruktur jalan tol Indonesia yang kalah jauh dari China.

"Jalan tol sampai 2015 awal, selama 43 tahun hanya 780 km, China 280 ribu km," paparnya.

Jokowi menyadari Indonesia masih punya pekerjaan rumah yang cukup besar di bidang infrastruktur, mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan yang masing-masing perlu diperhatikan.




Saksikan juga video 'Anies: Proyek 6 Tol Dalam Kota Tak Lagi Digarap DKI':

[Gambas:Video 20detik]

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed