Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 26 Sep 2018 17:36 WIB

Tapal Batas

Dibangun Rp 165 M, Begini 'Jeroan' Pos Lintas Batas Skouw

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Suhandi Ridho/detikcom Foto: Suhandi Ridho/detikcom
Skouw - Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw berdiri dengan megah. Arsitekturnya cantik, mengadaptasi bentuk bangunan khas Rumah Tangfa yang dilengkapi berbagai ornamen.

Dari kejauhan, PLBN Skouw terlihat mencolok. Dua bangunan besar yang berdiri sejajar adalah satu-satunya gedung yang terlihat paling bagus di kawasan itu. Di sekelilingnya adalah sejumlah rumah penduduk.

Begitulah penampakan PLBN Skouw saat dilihat dari luar. Lantas bagaimana interior PLBN Skouw?

Tim Tapal Batas detikcom, Kamis (6/9/2019), pun mencoba mengelilingi bagian dalam PLBN Skouw. Gedung utama PLBN Skouw terdiri dari dua bagian, yakni untuk kedatangan dan keberangkatan. Dalam gedung itu terdapat layanan keimigrasian dan bea cukai.

Setiap pelintas yang datang harus melewati pemeriksaan di sana. Baik pemeriksaan diri, maupun pemeriksaan barang-barang yang dibawa melalui x-ray. Di sana ada satu-dua petugas yang duduk berjaga.

Pemeriksaan di PLBN SkouwPemeriksaan di PLBN Skouw Foto: Fadhly F Rachman
Bangunan ini ada dua lantai. Di lantai dasar, ada ruang pemeriksaan, ruang petugas imigrasi, badan karantina, serta bea cukai. Di bagian tengah ada sedikit taman.

Sementara di lantai atas ada beberapa ruangan umum. Ada ruang rapat, ruang kerja, ruang santai, ruang CCTV, ruang kerja kesehatan, hingga ruang Kepala PLBN. Ruangan-ruangan tersebut diisi dengan fasilitas seperti sofa, bangku, serta meja.

Ruangan sepi di PLBN SkouwRuangan sepi di PLBN Skouw Foto: Fadhly F Rachman
Ruangan sepi di PLBN SkouwRuangan sepi di PLBN Skouw Foto: Fadhly F Rachman
Sayangnya, dengan banyaknya ruangan yang ada, aktivitas atau kegiatan para petugas terpantau sepi. Banyaknya ruangan itu hanya dibiarkan kosong-melompong. Tak digunakan. Beberapa ruangan tersebut tertutup rapat. Kami hanya dapat melihat dari luar melalui pintu berlapis kaca.

Diketahui, PLBN Skouw Jayapura pembangunannya dimulai pada 18 Desember 2015, PLBN Skouw yang berlokasi di Distrik Muara Tami Kota Jayapura, dengan nilai kontrak mencapai Rp 165,94 miliar, kontraktor yang mengerjakan tahap I ini adalah PT Nindya Karya (Persero).

PLBN SkouwPLBN Skouw Foto: Muhammad Ridho
PLBN Skouw berdiri di atas lahan dengan luas total mencapai 10,7 hektar, luas bangunan secara keseluruhan mencapai 7.619 meter persegi yang terbagi dalam beberapa zona.

Pada zona inti, terdapat bangunan utama dengan luas 2.737 meter persegi yang akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas meliputi klinik, gudang sita, bangunan jembatan timbang, bangunan x-ray mobil pengangkut barang, bangunan pelayanan terpadu kedatangan mobil kargo, cek poin, bangunan utilitas, dan koridor pejalan kaki.

Ikuti cerita menarik lainnya mengenai perbatasan Indonesia di Tapal Batas detikcom. (fdl/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed