Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 27 Sep 2018 19:22 WIB

Tol Desari bakal Jadi Akses ke Bogor Selain Jagorawi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
FOKUS BERITA Tol Desari Siap Dibuka
Jakarta - Pemerintah terus mengebut pembangun infrastruktur, salah satunya tol. Dengan adanya tol, maka mobilitas orang maupun barang akan menjadi lebih cepat.

Salah satu tol yang tengah dipacu pembangunannya ialah Tol Depok-Antasari (Desari). Tol ini menghubungkan Antasari hingga Bojonggede. Bahkan, tol ini akan dikembangkan hingga Salabenda, Bogor.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, jika telah rampung, Tol Desari akan menjadi alternatif masyarakat Jakarta ataupun Bogor. Nantinya, Tol Desari akan menjadi pilihan selain Tol Jagorawi.

"Ini radial yang menuju Jakarta, ini sejajar Jagorawi, tembusnya Salabenda di Bogor. Mungkin malah alternatif dari Kebayoran tidak ke Jagorawi, kalau mau ke Bogor lewat sini (Tol Desari)," kata Basuki di Gerbang Tol Cilandak Utama Jakarta, Kamis (27/9/2018).



Basuki mengatakan, Tol Desari Seksi I menghubungkan Antasari-Brigif yang baru saja diresmikan memiliki panjang 5,8 km. Sementara, total panjang keseluruhan Tol Desari mencapai 28 km.

Dia menambahkan, pembangunan tol ini sempat terkendala karena permasalahan lahan.

"Ini yang diresmikan seksi I 5,8 km kalau totalnya 28 km, yang seksi I 5,8 km invetasinya Rp 4,4 triliun diawali tahun 2005, karena pembebasan lahan baru kita mulai lagi pembangunannya lagi 2015," terangnya.

Rencananya, Tol Desari akan tersambung seluruhnya sekitar tahun 2020 atau 2021.

"Yang selanjutnya tadi juga dilaporkan sampai dengan Krukut, Simpang Krukut seksi II 2019 selesai, dan sisanya 2021 atau 2020," tutup Basuki.

(eds/eds)
FOKUS BERITA Tol Desari Siap Dibuka
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed