Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 01 Okt 2018 11:52 WIB

Jembatan Kuning Runtuh, Ada 3 Jembatan Lain Hubungkan Palu Barat dan Timur

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Jembatan Kuning ikon Kota Palu hancur berantakan digoyang gempa dan tsunami Jumat pekan lalu. Meski hancur, masyarakat masih punya jembatan lain untuk hilir mudik.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sugiyartanto menerangkan, wilayah Palu Barat dan Palu Timur terbelah oleh sungai. Dua wilayah ini dihubungkan oleh 4 jembatan.

"Keterhubungan antara Palu Barat dan Palu Timur dipisahkan oleh sungai Palu yang membelah Kota Palu. Ada 4 jembatan," kata dia kepada detikFinance, Senin (1/10/2018).


Dia mengatakan, Jembatan Kuning yang hancur ialah jembatan nomor 4. Ketiga jembatan yang lain masih utuh dan masih bisa digunakan oleh masyarakat.

"Satu di muara mungkin gempa cukup besar jembatan Palu 4, yang diistilahkan Jembatan Kuning itu ya, itu yang runtuh mungkin pondasinya terkena gempa horizontal yang di pondasinya, barangkali. Ini cek semua teman-teman untuk diketahui penyebabnya. Tapi untuk menuju Palu Barat ke Timur ada 3 jembatan yang lainnya nggak apa-apa," jelasnya.

Dengan adanya 3 jembatan ini mobilitas masyarakat tak terganggu. Sugiyartanto menambahkan, saat ini pemerintah sedang menghitung nilai kerusakan yang disebabkan oleh gempa dan tsunami.



"Ini sambil jalan didata terus, sambil jalan didata," ujar Sugiyartanto.



Duka Tsunami Palu, Glenn Fredly Sumbangkan Pendapatan Konser, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed