Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 02 Okt 2018 16:23 WIB

Dampak Gempa, Jaringan Air Minum di Palu Rusak Parah

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Gempa berkekuatan 7,4 SR di Donggala, Sulawesi Tengah, yang disusul tsunami di Kota Palu menyebabkan berbagai kerusakan di berbagai daerah. Selain kerusakan gedung, rumah sampai tanah ternyata jaringan air bersih juga mengalami kerusakan.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaya menjelaskan, hingga saat ini pihaknya belum bisa menginventarisir secara keseluruhan berapa nilai dari kerusakan dari infrastruktur yang terjadi di Palu. Namun, ia menemukan dari hasil pendataan di Palu, yang paling mendasar untuk kebutuhan masyarakat yaitu air bersih juga mengalami kerusakan.

"Satu lagi itu air minum, jaringan pipa PDAM. Sebenarnya ini ranahnya Pemda, tapi ini kita akan bantu Pemda untuk melakukan perbaikan dari fungsi jaringan air minum," kata dia kepada detikFinance, Selasa (2/10/2018).


Endra menjelaskan, kerusakan yang terjadi dari jaringan air bersih untuk minum bisa karena adanya tanah yang mengalami keretakan parah akibat gempa bumi.

Dari beberapa kondisi tanah di di Palu yang tampak retak, amblas sampai hancur pipa-pipa air bersih di Palu mengalami kerusakan sehingga tidak bisa menyalurkan air bersih.

"Itu (jaringan air) rusak parah, ini kan nggak berfungsi lagi. Ada pula yang tanah itu mengalami keretakan, yang itu tanah jadi setinggi rumah itu dan kan pipa menjadi pecah, jaringan nggak terhubung lagi. Sistem distribusi jaringannya putus. Kita upayakan untuk para tim mendeteksi dan akan kita carikan solusi untuk merehabilitasi kerusakan," jelas dia.

Selain jaringan distribusi air bersih, gempa dan tsunami di Donggala menyebabkan sejumlah bangunan rusak. Salah satunya Jembatan Kuning, yang menjadi ikon Kota Palu. Selain itu juga, pusat perbelanjaan dan mal terbesar di Kota Palu, Mal Tatura Jala Emy Saelan, ambruk.


Ada pula hotel Roa Roa berlantai 8 di Jalan Pattimura rata dengan tanah. Padahal di hotel terdapat 76 kamar dari 80 kamar yang terisi oleh tamu.

Kemudian Arena Festival Pesona Palu Nomoni, rusak parah. Rumah Sakit Anutapura yang berlantai empat di Jalan Kangkung, Palu, roboh. Jembatan Kuning Ponulele roboh diterjang tsunami. Jalur trans Polo-Poso-Makassar tertutup longsor.

Terkait gempa dan tsunami di Sulawesi ini Trans Media membuka pintu donasi bagi pembaca yang ingin menyalurkan bantuan bagi saudara-saudara kita yang menjadi korban bencana ini. Salurkan bantuan Anda melalui rekening DOMPET AMAL TRANS MEDIA:

Bank Mega : 01.074.00.11.111.889
Mega syariah: 10.000.100.100.1004
BNI : 70.123.70.321
BCA: 375.0500.888
Mandiri : 127.0000.2.7777.0
BRI 034 10 100 1617 301 (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed