Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 02 Okt 2018 20:46 WIB

Orang Kaya RI Ini Bakal Bangun Jaringan Air Bersih Buat Warga Palu

Trio Hamdani - detikFinance
Salah satu orang terkaya di Indonesia Prof Dato Sri Tahir kirim bantuan ke Palu untuk para korban gempa-tsunami. Foto: Trio Hamdani Salah satu orang terkaya di Indonesia Prof Dato Sri Tahir kirim bantuan ke Palu untuk para korban gempa-tsunami. Foto: Trio Hamdani
Palu - Ketersediaan air bersih menjadi kebutuhan yang krusial di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) pasca gempa dan tsunami. Salah satu orang terkaya di Indonesia yang juga CEO Mayapada Grup Dato Sri Tahir bakal menyediakan jaringan air bersih di sana.

Hari ini, Tahir mengunjungi langsung Palu untuk mengetahui keadaan di sana. Dia juga bertemu Gubernur Sulteng Longki Djanggola. Menurut laporan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto ke Tahir sehari sebelumnya, di Palu sangat membutuhkan air bersih.

"Kemarin saya ketemu Bung Hadi (Hadi Tjahjanto), Panglima, beliau mengatakan beliau ingin mengurusi air bersih di 10 titik. Saya bilang oke, kita ikut nggak ada masalah. Kalau dari Pak Gub sendiri apa yang dibutuhkan?," tanya Tahir di Kantor Gubernur Sulteng, Selasa (2/10/2018).


Merespons hal tersebut, Longki mengatakan Palu memang sedang butuh air bersih. Jika Tahir ingin membantu penyediaan air bersih, Dinas ESDM Sulteng akan menyiapkan lokasi penyediaan air bersihnya.

"Saya kira itu salah satu (yang dibutuhkan) dan nanti kita ada lokasinya melalu Kepala Dinas ESDM, nanti kalau memang bapak mau bantu itu kita siapkan lokasinya," jawab Longki.


Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaya menjelaskan, yang paling mendasar untuk kebutuhan masyarakat di sana yaitu air bersih mengalami kerusakan.

"Satu lagi itu air minum, jaringan pipa PDAM. Sebenarnya ini ranahnya Pemda, tapi ini kita akan bantu Pemda untuk melakukan perbaikan dari fungsi jaringan air minum," kata dia kepada detikFinance, Selasa (2/10/2018). (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed