Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 11 Okt 2018 07:45 WIB

Membawa Indonesia Naik Kelas Lewat MRT Jakarta

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Halaman 1 dari 5
Foto: Istimewa/MRT Jakarta Foto: Istimewa/MRT Jakarta
FOKUS BERITA MRT Siap Beroperasi
Jakarta - Jika kita diminta memilih hal yang harus diberi prioritas tertinggi untuk ditangani di Indonesia, maka dengan tidak ragu yang harus ditangani adalah defisit yang sangat serius di bidang infrastruktur. Defisit infrastruktur menghambat pertumbuhan ekonomi dan pemerataan di tanah air.

Dari seluruh cabang infrastruktur, yang saat ini paling menghambat adalah defisit dalam infrastruktur transportasi. Dampaknya memengaruhi kehidupan sehari-hari masyarakat luas, mulai dari biaya hidup, biaya perusahaan, daya saing ekonomi, sampai ke pertumbuhan ekonomi dan pemerataan secara nasional.

Infrastruktur transportasi perkotaan jadi yang paling kritis untuk dibenahi, khususnya Jakarta. Menuntaskan permasalahan kemacetan di Ibu Kota tak ubahnya seperti pungguk merindukan bulan alias menginginkan sesuatu hal yang tidak mungkin dapat terwujud.

Kemacetan di JakartaKemacetan di Jakarta Foto: Infografis: Kiagoos Auliansyah


Usaha menuntaskan permasalahan kemacetan di Ibu Kota sendiri bukan tak dilakukan. Sekitar 30 tahun yang lalu, sebuah moda transportasi massal yang bisa mengangkut penumpang dengan jumlah banyak sudah didambakan oleh warga Jakarta. Keinginan tersebut dipicu oleh semakin padatnya Jakarta oleh kendaraan-kendaraan pribadi dan tak teraturnya sistem transportasi kala itu.

Berdasarkan catatan detikFinance, setidaknya ada lebih dari 25 studi subjek umum dan khusus yang telah dilakukan terkait dengan kemungkinan dibangunnya sistem Mass Rapid Transit (MRT) di Jakarta. Namun hal itu tak kunjung kejadian.

Pemerintah kala itu lebih memilih membangun jalan layang dan tol dibanding sistem transportasi massal. Jumlah kendaraan pribadi pun kian membludak. Gaya hidup punya mobil tanda sudah mapan pun menjadi paradigma yang lekat pada masyarakat, khususnya di perkotaan.

Macet di Ibu KotaMacet di Ibu Kota Foto: Dok. Detikcom


Budaya menggunakan transportasi umum menjadi kian sulit digalakkan. Berbagai kampanye dan kebijakan yang dibuat pemerintah tak mampu melawan gempuran penjualan kendaraan roda dua dan empat yang terus meningkat. Jakarta pun menjadi sangat kental dengan predikat kota super macet.

Namun kini predikat tersebut diharapkan bisa terkikis seiring dengan semakin dekat terwujudnya mimpi yang didambakan sejak puluhan tahun lalu itu. Sebuah moda transportasi massal berwujud kereta MRT akhirnya akan segera beroperasi di Ibu Kota.

Perubahan gaya hidup yang lebih baik digadang-gadang dengan beroperasinya MRT Jakarta. Berikut ulasannya: (eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed