Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 15 Okt 2018 10:27 WIB

PKL Tanah Abang Bakal Jualan di 'Jembatan', Segini Ukuran Lapaknya

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance
Jakarta - Para pedagang kaki lima (PKL) Tanah Abang akan mulai memiliki lapak dagang baru. Setelah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan pembukaan awal skybridge atau jembatan layang dari stasiun KRL Tanah Abang sampai ke kawasan Pasar Tanah Abang Blok G.

Para pedagang PKL yang tadinya memadati kawasan Tanah Abang Jakarta pusat, akan pindah jualan ke jembatan di bagian atas Jalan Jati Baru.

Dari hasil pantauan detikFinance, di bagian atas jembatan sudah terdapat sekat-sekat yang membagi lapak berukuran 1,5 x 2 meter.

Kios di Sky Bridge Tanah AbangKios di Sky Bridge Tanah Abang Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance

Sedikitnya, ada 200 lapak atau kios yang sudah tampak di mana, 100 kios sudah rampung, 100 lapak masih dalam bentuk rangka.

Lapak yang diberi sekat ini nantinya akan menjadi lokasi jualan para PKL yang saat ini masih betah jualan di pinggir jalan bahkan hingga tumpah ke badan jalan sekitar Pasar Tanah Abang.


Banyaknya PKL yang berjualan di pinggir jalan membuat lalulintas di sekitar pasar grosir terbesar se-Asia Tenggara tersebut macet parah setiap harinya.

Dengan pembangunan infrastruktur ini, diharapkan nantinya para PKL bisa dipindahkan dan tak lagi berjualan di pinggir jalan sehingga kemacetan dampak keberadaan pedagang tersebut bisa dikurangi.


Kios di Sky Bridge Tanah AbangKios di Sky Bridge Tanah Abang Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance

Pihak pengelola mengatakan, totalnya nanti bakal ada Sebanyak 446 kios atau lapak pedagang yang bakal disediakan untuk berjualan di Skybridge Tanah Abang, Jakarta Pusat.


Para pedagang nantinya dikenai biaya sebesar Rp 500 ribu per bulan.

"Ya kita hitung kurang-lebih untuk keamanan, penerangan, kebersihan, perawatan, dan lain-lain, Rp 16 ribu per hari. Tapi Rp 500 ribu per bulannya dan ini sudah kita sosialisasikan dibantu oleh pihak wali kota," ujar Direktur PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Jumat (12/10/2018) lalu.





Tonton juga 'Proyek Skybridge Tanah Abang Terus Dikebut':

[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com