Follow detikFinance
Senin, 15 Okt 2018 18:05 WIB

Pemerintah Mau Bangun Palu Baru, Berapa Anggarannya?

Ray Jordan, Ray Jordan - detikFinance
Foto: pool Foto: pool
Jakarta - Pemerintah berencana membangun Kota Palu yang baru. Kota ini sebagai ganti atas kerusakan Kota Palu akibat gempa yang sulit untuk dibangun seperti semula.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan untuk merealisasikan rencana ini, anggaran yang dibutuhkan diperkirakan sebesar Rp 5-6 triliun. Saat ini pemerintah masih merancang masterplan dari pembangunan itu.

"Nanti masterplan belum jadi, tapi diperkirakan oleh kita Rp 5-6 triliun," kata Basuki di Istana Kepresidenan Jakarta Pusat, Senin (15/10/2018).

Basuki mengatakan, pemerintah akan membangun kembali fasilitas umum, mulai dari sekolah, rumah sakit, hingga pusat pemerintahan yang baru.


"Semuanya harus selesai nanti dua tahun untuk Palu. Mulai dari 2018 sampai ke, eh 2019 ke 2020 insya Allah semuanya akan harus selesai semua berdasarkan masterplan baru," ujarnya.

Ada tiga lokasi yang dinilai cocok sebagai tujuan renovasi. Ketiganya adalah Kelurahan Duyu, Kecamatan Palu Barat, lalu Kelurahan Tondo di Kecamatan Mantikulore, Palu, dan Kelurahan Pombewe di Kabupaten Sigi.

Lokasi-lokasi tersebut dinilai cocok sebagai pembangunan Kota Palu yang baru karena letaknya jauh dari Pantai.

"Kalau yang ini saya kira iya (jauh dari pantai). Saya belum lihat. Ini tim JICA tim Jepang bantu kita, sekarang di lapangan itu tim Jepang untuk penelitian geologinya," jelasnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed