Follow detikFinance
Selasa, 16 Okt 2018 17:50 WIB

Seluruh Stasiun LRT Palembang bakal Beroperasi Bulan ini

Raja Adil Siregar - detikFinance
Foto: Raja Adil Siregar Foto: Raja Adil Siregar
Palembang - Progres pengerjaan stasiun light rail transit (LRT) Palembang saat ini masih terus dikebut. Dari total 13 stasiun tersebut, dipastikan seluruh stasiun bisa beroperasi bulan ini.

"Dari total 13 stasiun yang ada, baru ada 12 stasiun yang bisa dipakai masyarakat atau penumpang. Ada satu stasiun yang belum selesai pengerjaan, yakni stasiun Garuda Dempo di Jalan Kolonel Burlian," kata Kadis Perhubungan Sumsel Nelson Firdaus, Selasa (16/10/2018).

Satu stasiun yang belum selesai itu, kata Nelson, ditarget selesai dan sudah dapat digunakan pada 18 Oktober. Dimana tim kontraktor Waskita Karya saat ini sedang fokus pada tahap finishing.

Tak hanya itu, berdasarkan laporan PPK LRT dari Kementerian Perhubungan kini stasiun sedang pembuatan tangga dan eskalator. Termasuk diantaranya adalah pemasangan lift dan sempat terkendala pembebasan lahan.

"Pada 18 Oktober nanti mudah-mudahan stasiun Garuda Dempo dapat digunakan. Karena sebenarnya sudah tidak ada lagi masalah," katanya.


"Secara keseluruhan telah mencapai 98 persen dan ini terjadi deviasi karena jika sesuai jadwal seharusnya 98,5%. Deviasi sendiri karena Depo Jakabaring belum selesai," tambahnya.

Depo Jakabaring yang jadi lokasi parkir dan perawatan kereta, sebelumnya ada masalah pembebasan lahan. Tapi saat ini sudah selesai dan tinggal pengerjaan sinkronisasi teknologi.

Dikonfirmasi terpisah Humas KAI Divre III Palembang Aida mengatakan, sejauh ini baru tujuh trainset yang tiba di Depo. Sementara untuk satu trainset lagi, Aida menyebut paling lambat tiba pada akhir tahun ini.

"Sekarang baru tujuh trainset, informasi yang saya dapat satu lagi tiba sebelum akhir tahun. Karena akhir tahun semua sudah beroperasi penuh baik kereta dan 13 stasiun yang ada," kata Aida.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed