Follow detikFinance
Rabu, 17 Okt 2018 19:41 WIB

Bandara Batam Mau Dibangun Fasilitas Militer

Hendra Kusuma - detikFinance
Ilustrasi Bandara Hang Nadim Batam/Foto: Agus Siswanto/detikcom Ilustrasi Bandara Hang Nadim Batam/Foto: Agus Siswanto/detikcom
Jakarta - Pemerintah belum menemukan solusi terkait rencana sebagian lokasi Bandara Hang Nadim, Batam dibangun beberapa fasilitas militer TNI Angkatan Udara (AU).

Menkopolhukam Wiranto mengatakan dalam rapat koordinasi (rakor) belum ada solusi yang diputuskan terkait dengan pemanfaatan Bandara Hang Nadim Batam untuk dibangun fasilitas militer.

"Perlu ada solusi yang bijak, yang tidak melanggar UU. Solusi yang tidak merugikan kepentingan nasional dan juga kepentingan TNI," kata Wiranto di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu (17/10/2018).

"Akan ada rapat lanjutan. Kita nggak boleh melanggar UU, jika ada revisi UU maka kita menghormati UU itu," tambah dia.


Sementara itu, Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan permintaan pihak TNI AU di Bandara Hang Nadim Batam adalah pembangunan beberapa fasilitas, seperti parkir pesawat dan tempat istirahat crew.

"Tapi belum diputuskan, bahwa keinginan untuk bisa membangun fasilitas pendukung itu maka akan lebih didalami lagi," kata Lukita.


Keputusan baru bisa diambil, kata Lukita, setelah pihak TNI AU dan otoritas bandara menyampaikan pandangannya masing-masing terkait rencana itu.

"Karena dari pihak TNI AU nya tadi belum hadir, kemudian juga perlu ada pandangan dari otoritas perhubungan," jelas dia.

"Jadi masih akan ada satu kali rapat lagi ini saya belum bisa jawab apa-apa," sambung dia. (hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed