4 Tahun Jokowi-JK

Jokowi Kurangi Jumlah Jembatan 'Indiana Jones' dalam 4 Tahun

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 23 Okt 2018 11:37 WIB
Foto: Jembatan gantung yang dijuluki 'Jembatan Putus Hati' di Kampung Mosso. (Danu Damarjati/detikcom)
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, pemerintah tak hanya membangun infrastruktur besar untuk mendukung konektivitas. Namun, pemerintah juga membangun infrastruktur skala kecil.

Infrastruktur kecil itu salah satunya ialah jembatan gantung. Jembatan gantung ini dibangun pemerintah untuk menggantikan jembatan 'Indiana Jones'.

Jembatan Indiana Jones mengacu film Indiana Jones. Istilah itu digunakan pada jembatan yang sudah tak layak pakai untuk dilintasi orang-orang.

"Tidak hanya mengerjakan kegiatan besar tapi untuk jembatan-jembatan gantung untuk menggantikan jembatan Indiana Jones, supaya sekolah aman, produksi pertanian dari desa ke desa bisa lancar dengan jembatan gantung," kata dia dalam acara 4 Tahun Kerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla di Auditorium Gedung Kementerian Sekretariat Negara Jakarta, Selasa (28/10/2018).


Basuki mengatakan, hingga tahun 2018 pemerintah sudah membangun 134 jembatan gantung. Jumlah ini akan terus bertambah.

"2018 ini 134 tahun, 2019 akan kita programkan 166 jembatan gantung lagi," sambungnya.

Sementara itu, Basuki mengatakan untuk mendorong konektivitas pemerintah sudah membangun jalan nasional sepanjang 3.432 km. Untuk jalan tol, pemerintah membangun 941 km.

"Jalan tol 941 km, nanti ini dalam waktu dekat diresmikan Pejagan-Pemalang, Sragen-Ngawi sudah siap, sudah layak fungsi, menunggu jadwal Presiden," terangnya.






Tonton juga 'Kisah Jembatan Indiana Jones di Tepi Ibu Kota':

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)