MRT Jakarta HI-Kampung Bandan Dibangun Akhir 2018, Ini Tahapannya

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Sabtu, 27 Okt 2018 15:00 WIB
Foto: Istimewa/MRT Jakarta
Jakarta - Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta fase I dari Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI) akan segera beroperasi pada Maret 2019 mendatang. Sebelum MRT Jakarta fase I dioperasikan, akan dilaksanakan groundbreaking pembangunan jalur MRT fase II dari Bundaran HI hingga Kampung Bandan sebelum tutup tahun 2018.

Direktur Keuangan PT MRT Jakarta Tuhiyat menjelaskan, groundbreaking MRT fase II akan dimulai dari kawasan Monas, yakni pembangunan gardu listrik bawah tanah. Jalur MRT fase II akan membentang sepanjang 8 kilometer (km) di bawah tanah.

"Itu akan dilakukan groundbreaking di akhir Desember 2018," katanya dalam paparan di Gedung Wisma Nusantara, Jakarta, Jumat (27/10/2018).


Pada bulan November mendatang, PT MRT Jakarta akan melakukan market sounding ke para stakeholder untuk fase II. Setelah itu, akan dilakukan lelang untuk sejumlah pekerjaan proyek.

Pembangunan MRT Jakarta fase II membutuhkan waktu hingga empat tahun. Warga Ibu Kota diperkirakan baru bisa menjajal MRT Jakarta dari Bundaran HI hingga Kampung Bandan pada akhir 2024 atau awal 2025.

"Jadi sudah bisa dari Lebak Bulus sampai Kota, panjangnya 25 km," katanya.


Kepastian pembangunan MRT fase II sendiri menyusul telah dilakukannya penandatanganan kesepakatan pinjaman dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) beberapa waktu lalu. Nilai pinjaman tahap pertama sebesar 70.210 miliar yen atau setara Rp 9,4 triliun telah didapatkan.

Proyek MRT Jakarta fase II kembali mengandalkan bantuan pinjaman yen dari pemerintah Jepang kepada pemerintah Indonesia. Penandatanganan perjanjian pinjaman tersebut adalah tahapan pertama slice loan dari total komitmen pinjaman untuk fase II MRT Jakarta senilai 208.132 miliar yen atau setara dengan Rp 25 triliun. (eds/ara)