Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 02 Nov 2018 21:22 WIB

Bandara dan Pelabuhan di Kawasan Industri Halmahera akan Diperluas

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi kawasan industri/Foto: Muhammad Ridho Suhandi Ilustrasi kawasan industri/Foto: Muhammad Ridho Suhandi
Jakarta - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan bersama Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara membahas percepatan pembangunan Kawasan Industri Weda Bay, Halmahera, Maluku. Ditemui usai rapat koordinasi (rakor) dengan Luhut, Bupati Halmahera Tengah mengatakan, pihaknya mendukung percepatan investasi di kawasan industri Weda Bay.

"Rapatnya soal mempercepat investasi di daerah," kata Edi di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jumat (2/11/2018).

"(Target yang akan dikejar) yang ada menyangkut dengan bandara industri atau bandara khususnya termasuk pelabuhan," sambungnya.


Dia mengatakan, bandara untuk kebutuhan industri itu telah memperoleh izin dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), tinggal masalah perizinan di daerah yang harus diselesaikan.

"Iya (persetujuannya dari Kemenhub) sudah disetujui. Hanya disetujuinya itu pemda nggak tahu. Lagi lagi soal RTRW (rencana tata ruang wilayah) kan. Makanya kita dipanggil diminta untuk konfirmasi ya, saya bilang tuntaskan dulu soal RTRW-nya. Harus ada peraturan daerah," jelas Edi.

Sementara itu, untuk pelabuhan penunjang kawasan industri belum tersedia. Nantinya akan dibangun dengan skema pembiayaan yang bisa didanai oleh pemda, APBN, maupun swasta.


"Jadi ada 3 sumber, pemerintah daerah, APBN, maupun swasta. (Jumlahnya) nggak tahu, kan yang lebih mengerti yang punya," sebutnya.

Dia memperkirakan perluasan bandara dan pembangunan pelabuhan siap dikerjakan mulai 2019 setelah semua perizinan selesai.

"Ya bisa bisa, kita bisa itu. Kita butuh, daerah butuh, segera percepatan investasinya, pemerintah daerah juga dilibatkan dalam proses investasi," tambahnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed