Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 07 Nov 2018 18:45 WIB

AP II Bangun Terminal 4 Bandara Soetta 2021

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II akan kembali mengembangkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Perusahaan akan mengembangkan Terminal 1 dan 2, serta membangun Terminal 4 Bandara Soekarno Hatta.

Direktur Teknik dan Operasi AP II Djoko Murjatmodjo menerangkan pembangunan Terminal 4 pihaknya saat ini tengah membuka pelelangan pekerjaan desain Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Pada tahap ini, Angkasa Pura II akan menentukan konsultan yang layak untuk mengkreasikan konsep rancangan terminal berikut basic design serta detail engineering design (DED).

"Itu dalam rangka memilih calon konsultan perencana design terminal 4," ujarnya di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Rabu (7/11/2018).


Setelah mendapatkan konsultan desain pembangunan Terminal 4, perseroan juga akan membuka lelang untuk pengerjaan konstruksi. Untuk pembangunannya diperkirakan dimulai pada 2021 dan ditargetkan selesai pada 2025.

Terminal 4 itu rencananya akan dibangun dengan kapasitas mencapai 40 juta penumpang per tahun. AP II sendiri menargetkan total kapasitas penumpang di Bandara Soetta bisa mencapai 110 juta penumpang per tahun.


Selain itu, AP II juga akan melakukan pengembangan Terminal 1 dan 2 dengan menambah runway serta kapasitas penumpangnya.

"Revitalisasi Terminal 1 dan 2 juga besar, kapasitas masing-masing itu kan 9 juta penumpang per tahun, jadi total 18 juta penumpang. Kita mau double, meningkatkan jadi 24 juta penumpang 1 terminal," tambahnya. (das/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed