Tol Pejagan-Pemalang Resmi Dibuka Jokowi

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Sabtu, 10 Nov 2018 10:55 WIB
Tol Pejagan-Pemalang Resmi Dibuka Jokowi
Foto: Imam Suripto

Jokowi mengatakan Merak-Surabaya akan tersambung tol pertengahan Desember 2018, sedangkan Merak-Banyuwangi tersambung tol di 2019.

Ruas tol Merak hingga Banyuwangi tersebut masuk dalam koridor tol Trans Jawa. Menurut Jokowi di sepanjang tol Trans Jawa nanti akan disediakan rest area khusus untuk menjual produk lokal, mulai dari makanan jadi seperti telur Asin hingga sate Tegal, serta bahan pangan mentah seperti bawang merah.

Menurut Jokowi penyediaan rest area tersebut lewat koordinasi antara Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dengan kepala daerah.

"Sudah saya perintahkan ke Bu Menteri, Pak Menteri PU, juga ke wali kota dan bupati agar setelah ini selesai ada rest area yang menjual produk-produk dari daerah, makanan dari daerah. Tadi sudah usul Pak Wali dan Bu Bupati, telur asin, sate tegal, brambang merah dipajang di situ. Sebentar lagi nanti akan diselesaikan juga," tutur Jokowi.

Dia menegaskan rest area di jalan tol tak hanya menjual produk impor, tapi juga produk lokal. Bahkan, produk lokal harus mendominasi di rest area jalan tol.

Sebelum masuk ke rest area jalan tol, UMKM yang akan menjual aneka produk lokal tersebut akan diseleksi pemerintah pusat dan daerah.

"Artinya bahwa yang ada di rest area itu bukan kayak yang dulu-dulu justru produk-produk impor atau brand impor. Tapi betul-betul brandlokal, brand daerah, brand Indonesia. Nanti akan dibicarakan antara Bu Menteri, Pak Menteri, dengan Pak Wali Kota dan Bu Bupati, siapa yang masuk semuanya harus diseleksi," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu.