Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 27 Nov 2018 13:49 WIB

Soal Proyek di Tol Japek, Menhub: Dari Awal Tidak Membatalkan

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Menhub Budi Karya Sumadi/Foto: Grandyos Zafna Menhub Budi Karya Sumadi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan proyek infrastruktur yang digarap bergantian di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) akan rampung sesuai target. Budi menegaskan proyek-proyek yang berada di kawasan tol Japek tetap jalan, tak ada yang dihentikan.

"Dari awal tidak membatalkan, kita harus berpikir koordinatif, harus bersama-sama tanpa mau menang sendiri. Makanya saya nyatakan LRT selesai 2019 akhir, tinggal mengatur waktunya. (Semua proyek) tetap jalan, tapi diatur nanti waktunya," kata Budi Karya di Ballroom Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Selasa (27/11/2018).


Ia menjelaskan untuk mengatur skema dan jadwal giliran pengerjaan proyek, sore ini Budi Karya akan bertemu dengan beberapa stakeholder.

"Nanti sore saya rapat dengan semua stakeholder, saya hanya ingin katakan bahwa apa yang kita koordinasikan itu adalah memang waktu dan ruang bagi semua stakeholder agar memberikan suatu toleransi tanpa mereka mengubah target-target mereka," jelas Budi Karya.


Ia mencontohkan seperti saat ini ada beberapa pengerjaan proyek di salah satu titik di Japek. Nantinya semua pengerjaan akan dikoordinasikan dan dibuat jadwal agar tidak dilakukan bersamaan.

"Sekarang itu ada empat pihak yang bekerja, mereka bisa bergantian bisa bersamaan, tapi pekerjaan itu dikoordinasikan sama, jangan kontraktor sendiri-sendiri. Ada satu orang bikin balok tapi dia bawa truk, bawa kegiatan yang begitu banyak. Intinya mengkoordinasikan itu semua," jelas Budi Karya.


Sebagai informasi, sebelumnya Kementerian Perhubungan memberikan keputusan untuk menghentikan seluruh pengerjaan proyek di Tol Japek Kilometer 11-17. Kebijakan tersebut mendapat kritikan dari berbagai pihak termasuk para kontraktor.

Dari berbagai masukan yang diterima, akhirnya strategi pengerjaan proyek diubah menjadi dikerjakan secara bergiliran. Tiga proyek yang dikerjakan bergiliran yaitu proyek LRT Jabodebek, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan Tol Japek Elevated. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed