Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 04 Des 2018 16:33 WIB

Daftar Proyek Trans Papua yang Ditunda karena Ada Penembakan Pekerja

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Istimewa/Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Foto: Istimewa/Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR
Jakarta - Pemerintah memutuskan untuk menghentikan sementara proyek Segmen 5 Trans Papua yang menghubungkan Wamena-Mamugu. Hal itu merupakan imbas dari kejadian penembakan 31 pekerja proyek di salah satu jembatan.

Dalam proyek tersebut ada sekitar 35 proyek pengerjaan jembatan yang semuanya pun berhenti dikerjakan. Proyek jembatan-jembatan itu digarap oleh dua kontraktor yakni PT Istaka Karya dan PT Brantas Abipraya.

PT Istaka Karya mengerjakan sebanyak 14 jembatan yang menghubungkan jalan Habema dan Mugi, dengan 11 jembatan dalam proses pengerjaan. Di antaranya jembatan Mbua, Kali Aorak, Kali Umtlak, Kali Yigi, Kali Nigi Birik, Kali Birik, Kali Bibidumu, Kali Ara, Kali Palay, Kali Kicolemo, Kali Selandumu, Kali Kurigi, Kali Mugi, Kali Prokeyen dan Kali Kibi.


Sementara untuk PT Brantas Abipraya mengerjakan 21 jembatan yang menghubungkan jalan Mugi dan Bts. Batu dengan 5 jembatan sudah selesai yakni jembatan Gat III, Gat II, Arwana, Merek dan Wusi.

Lalu ada 9 jembatan yang masih dalam progres yakni jembatan Kali Kotek I, Kali Wolgilik, Kali Jun, Kali Labi, Kali Abeak, Kali Simal, Kali Moit, Kali Dumit dan Kali Rora. Lalu sisanya belum dikerjakan.

Seluruh pekerjaan yang belum selesai maupun belum dimulai itu statusnya kini berhenti atau ditunda pengerjaannya. Proyek baru bisa dimulai lagi jika sudah mendapatkan rekomendasi dari Pangdam dan Kapolda setempat.


Menurut data Kementerian PUPR 14 jembatan dikerjakan oleh PT Istaka Karya nilai kontraknya mencapai Rp 184 miliar. Sementara 21 jembatan yang dikerjakan oleh PT Brantas Abipraya dengan nilai kontraknya Rp 246,8 miliar.

Namun untuk 9 jembatan yang sedang dikerjakan oleh Brantas Abipraya sebenarnya sudah dihentikan sejak 4 bulan yang lalu karena adanya korban atau gangguan keamanan yang serius.

(das/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed