Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 09 Des 2018 16:15 WIB

WIKA Kirim Pekerja ke Luar Negeri, Rini: Jangan Sampai Mereka Kurus

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Danang Sugianto/detikFinance Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta - PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) hari ini memberangkatkan sebanyak 311 pekerja Indonesia mulai dari tukang hingga insinyur ke Aljazair, Nigeria dan Taiwan. Mereka akan bekerja di proyek-proyek garapan WIKA di negara tersebut.

Pelepasan pekerja yang dilabeli sebagai "Duta Bangsa" itu juga dihadiri oleh Menteri BUMN Rini Soemarno. Rini mengapresiasi hal itu, namun dia menegaskan agar WIKA benar-benar memperhatikan para pekerjanya yang ada di luar negeri.

"Disiapin ya makanannya yang benar, awas loh yah. Gizinya dijaga loh. Jangan sampai saya ke sini lagi jadi kurus mereka," ujar Rini ke Manajemen WIKA di Gedung WIKA, Jakarta, Minggu (9/12/2018).


Manajer Divisi Afrika dan Timteng WIKA Mahendra Vijaya menerangkan bahwa WIKA akan memberikan seluruh aspek kesejahteraan para pekerja yang ada di luar negeri. Mulai dari makan hingga hunian akan dijamin oleh perusahaan

"Pekerja dapat seluruh fasilitas, baik hunian, akomodasi seperti makan, pengurusan dokumen, termasuk urusan kesehatan seperti asuransi," ujarnya .


Selain itu, mereka para pekerja juga akan mendapatkan gaji sekitar 2-3 kali lebih besar dari gaji yang mereka dapat di dalam negeri. Namun itu tergangung dari posisi dan ketentuan hukum di negara masing-masing.

Saat ini total pekerja Indonesia yang sudah dikirim oleh WIKA untuk mengerjakan proyek diluar negeri sebanyak 1.500 orang. Sehingga jika ditotal maka sudah ada 1.800 lebih pekerja Indonesia yang sudah dikirim WIKA. Tahun depan diperkirakan perusahaan akan kembali mengirim 1.900 pekerja Indonesia ke luar negeri seiring dengan jumlah proyek di luar negeri yang didapat perusahaan. (das/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed