MRT Jakarta Diminta Belajar dari Kasus Mogok LRT Palembang

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 12 Des 2018 12:56 WIB
Foto: Dok. MRT Jakarta
Jakarta -

Pengamat transportasi Djoko Setijowarno mengingatkan agar moda raya terpadu (MRT) Jakarta dapat melakukan uji coba yang cukup sebelum beroperasi. Meskipun butuh waktu, menurut Djoko uji coba ini perlu agar performa MRT dapat maksimal.

Dia mengingatkan MRT harus bisa berkaca dari pengalaman uji coba LRT Palembang. Sebelumnya, saat uji coba, LRT Palembang mengalami mogok di tengah rel.

"Dengan adanya MRT ini, pemangku kebijakan harusnya bisa belajar pada kasus LRT Palembang. Intinya kita itu butuh waktu untuk uji coba," ujar Djoko dalam paparannya pada acara Diskusi Publik MRT, di Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Pemprov. DKI Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Lebih lanjut Djoko sebutkan bahwa operasi MRT tidak bisa dilakukan semudah transportasi biasa seperti yang ada di jalan raya. "Karena berbeda, pengoperasian mobil sama kereta," ungkapnya.

Djoko juga mengatakan bahwa MRT di Jakarta ini berpotensi untuk menjadi proyek transportasi masal percontohan. Bukan tidak mungkin daerah lain akan mengikutinya apabila di Jakarta sukses diterapkan.

"Kalau Jakarta bisa lakukan seperti ini, daerah mungkin akan bisa ikutin. MRT ini harus jadi percontohan," katanya.





Tonton juga 'Tinjau Kesiapan MRT Rute Bundaran HI - Lebak Bulus, Anies: Nyaman':

[Gambas:Video 20detik]

MRT Jakarta Diminta Belajar dari Kasus Mogok LRT Palembang

(eds/eds)