Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 12 Des 2018 17:30 WIB

3 Bulan Lagi Operasi, Siapkah Masyarakat Jajal MRT Jakarta?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Moda raya terpadu (MRT) Jakarta beroperasi 3 bulan lagi, tepatnya Maret 2019. Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno menilai bahwa masyarakat tidak akan asing dengan MRT karena teknisnya mirip dengan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line.

Djoko mengatakan bahwa Commuter Line di Indonesia yang fasilitasnya sudah sebagus sekarang bisa membuat masyarakat tidak asing melihat MRT.

"Secara umun saya lihat (MRT) kita sudah siaplah, supaya hari H-nya lebih lancar. Semoga masyarakat Jakarta juga tidak kaget lagi, karena sudah ada contoh KRL yang kayak sekarang," ujar Djoko saat ditemui pada acara Diskusi Publik MRT, di Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Pemprov. DKI Jakarta, Rabu (12/12/2018).


Menurut Djoko apabila masyarakat masih mengenal kereta listrik seperti zaman dulu lalu diberikan fasilitas MRT pasti akan kaget. Namun, dengan adanya MRT secanggih sekarang masyarakat tidak akan gagap dalam menerimanya.

"Saya bilang dengan adanya KRL yang lebih bagus, tidak membuat masyarakat menjadi gagap. Bayangin kalau mereka masih melihat kereta listrik zaman dulu, di atas atap bawa musik, dan sebagainya kaya pasar berjalan, tiba-tiba ada MRT kaya gini, wah seperti apa itu kan?" katanya.



Djoko menilai MRT dan KRL tidak banyak berbeda. "MRT sama KRL juga sama-sama masal kan, bedanya MRT nggak ada gangguan lintasan sebidang kaya KRL," katanya.



Tonton juga 'Asyik! Januari 2019, Uji Coba MRT akan Ajak Warga Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]


3 Bulan Lagi Operasi, Siapkah Masyarakat Jajal MRT Jakarta?

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed