Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 13 Des 2018 13:25 WIB

Sempat Diganggu KKB, Proyek Trans Papua Dikebut Lagi Januari 2019

Jeka Kampai - detikFinance
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/Foto: Istimewa/Kementerian PUPR Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/Foto: Istimewa/Kementerian PUPR
Padang Pariaman - Proyek jalan Trans Papua ruas Wamena-Mamugu dihentikan sementara karena kasus penembakan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB). Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono proyek tersebut akan dilanjutkan lagi bulan depan.

"Januari kami mulai lagi. Dengan kendala kemarin, tinggal pasang jembatan. Tidak terlalu signifikan," ujar Basui saat meninjau pembangunan jembatan darurat jalur Padang-Bukittinggi, Kamis siang (13/12/2018).


Basuki menjelaskan, sesuai pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi), proyek Trans Papua tetap berjalan. Selain itu, proyek Trans Papua yang panjangnya sekitar 4.000 kilometer (km) tak ada persoalan lahan, berbeda dengan proyek jalan pada beberapa daerah di Jawa dan Sumatera ada yang masih terganjal lahan.

"Kalau di sini bangun jalan kan pasti kendala lahan, kayak tol yang mau kita bangun ya. Kalau di Papua ada satu kendala yaitu keamanan. Namun kita bisa atasi dengan pengawalan Polri dan TNI," kata Basuki.


Dia menambahkan pengamanan pasca penembakan oleh KKB berlaku di semua titik-titik rawan sepanjang Trans Papua, dan tidak akan mengganggu jalannya proyek.

"Insiden ini hanya di Wamena, Habema, Kenya, Mamubu, 278 km. Sedangkan sisanya kan 3500 km," jelas Basuki.



Tonton juga 'Insiden Penembakan Brutal Tak Buat Proyek Trans Papua Gentar':

[Gambas:Video 20detik]


(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed