Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 13 Des 2018 14:16 WIB

Lima Stasiun akan Beroperasi di Double-double Track Jabodetabek

Trio Hamdani - detikFinance
Proyek double-double track Manggarai-Cikarang/Foto: Pradita Utama Proyek double-double track Manggarai-Cikarang/Foto: Pradita Utama
Jakarta - Akhir tahun ini 5 stasiun KRL Jabodetabek bakal siap beroperasi di jalur kereta api dwi ganda atau Double Double Track (DDT). Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulki mengatakan, 5 stasiun yang dimaksud adalah Stasiun Klender, Klender Baru, Buaran, Cakung dan Kranji.

"Akhir tahun ini akan kita operasikan 5 stasiun bagian daripada DDT Jabodetabek. 5 stasiun modern yang telah kita bangun, di akhir tahun akan kita operasikan," katanya dalam paparan capaian kinerja Kementerian Perhubungan di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (13/12/2018).


Selain itu, dia mengatakan DDT sepanjang 12 km yang menghubungkan Stasiun Maja dan Rangkasbitung juga akan mulai beroperasi akhir tahun ini.

"Jabodetabek kita akan operasikan akhir tahun ini DDT dari Stasiun Maja sampai Rangkasbitung sepanjang 12 km. Ini untuk membantu pergerakan komuter di kawasan Jabodetabek," jelasnya.


Seperti diketahui, DDT ini menghubungkan Manggarai-Cikarang. Proyek sepanjang 38 km ini rencananya akan rampung pada 2019 mendatang, dan ditargetkan beroperasi sepenuhnya pada 2020.

Proyek pembangunan jalur KA rel ganda Manggarai-Cikarang terdiri tiga bagian. Bagian pertama yaitu Manggarai-Jatinegara, bagian kedua Jatinegara-Bekasi, dan bagian ketiga Bekasi-Cikarang.

Dengan rampungnya proyek ini, nantinya jalur untuk kereta rel listrik (KRL) dan kereta jarak jauh akan terpisah. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com