Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 19 Des 2018 14:33 WIB

Ada Tol Cibitung-Cilincing, Cikarang- Tanjung Priok Hanya 30 Menit

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Tol Cibitung-Cilincing (Achmad Dwi Afriyadi-detikFinance) Foto: Tol Cibitung-Cilincing (Achmad Dwi Afriyadi-detikFinance)
Jakarta - Pembangunan Tol Cibitung-Cilincing saat ini tengah berlangsung. Adanya tol ini, diharapkan dapat memangkas waktu tempuh khususnya angkutan barang dari kawasan industri di Cibitung, Cikarang, Karawang dan sekitarnya menuju Pelabuhan Tanjung Priok.

Direktur Teknik PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways, Ari Sunaryono menerangkan, saat ini angkutan barang dari kawasan industri tersebut mesti melewati Tol Jakarta-Cikampek di Cikunir untuk sampai ke pelabuhan. Padahal, saat melewati jalan tersebut macet berjam-jam dan tidak bisa diprediksi.

Dengan Tol Cibitung-Cilincing, maka waktu yang bisa ditempuh menjadi sekitar 30 menit hingga 45 menit.


"Kalau sekarang itu kan kita tahu semua lewat Cikunir itu bisa macet berjam-jam, Cibitung-Cilincing terbuka kalau (panjang) 35 km katakan kecepatan 60 km/jam sekitar 30 menit sampai 45 menit sudah sampai pelabuhan," terangnya di Cibitung, Rabu (19/12/2018).

Menurutnya, tol ini diperlukan untuk mengurangi kepadatan di tol eksisting. Terlebih, sebanyak 70% kendaraan menuju pelabuhan berasal dari kawasan industri Cibitung, Cikarang dan sekitarnya.

"Cibitung-Cilincing menghubungkan kawasan industri di timur Cikarang, Cibitung, Karawang dan sebagainya yang hampir 70% traffic pelabuhan dari sana akan terkoneksi Pelabuhan Priok dan Kalibaru," ungkapnya.



Dia menambahkan, tol tersebut mampu menampung 200 ribu kendaraan per hari ini.

"Kapasitas kendaraan bisa 200 ribu lebih per hari. Tapi untuk bukaan pertama 50 ribuan," tutupnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed