Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 19 Des 2018 15:28 WIB

Besok, Merak hingga Pasuruan Resmi Tersambung Tol

Usman Hadi - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul Jannah Foto: Selfie Miftahul Jannah
Yogyakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan 7 ruas Tol Trans Jawa diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (20/12) besok. Dengan demikian Tol Trans Jawa dari Merak, Banten, dipastikan tersambung sampai Pasuruan, Jawa Timur.

"Besok yang akan diresmikan tujuh ruas bagian dari Merak-Pasuruan. Di Jawa Timur ada empat ruas, di Jawa Tengah ada tiga ruas. Makanya diresmikan di dua tempat," ujar Basuki kepada wartawan di Komplek UGM, Yogyakarta, Rabu (19/12/2018).


Basuki menjelaskan dalam peresmian ini Presiden Jokowi akan melakukan tour dari Surabaya sampai Semarang. Dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi juga dijadwalkan meninjau sejumlah tempat istirahat di sejumlah ruas tol.

"Kemudian jalan sambil melihat beberapa tempat istirahat dan diisi dengan (produk) UKM-UKM. Jadi sekarang tempat istirahat di tol 70 persen harus UKM, 30 persen baru free, free dalam arti komersial," jelasnya.


Seusai meresmikan empat ruas tol di Jawa Timur, Presiden Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Kalikuto yang lokasinya berada sebelah barat Semarang. Di tempat ini Jokowi akan meresmikan tiga ruas tol.

"Dari Kalikuto diresmikan di sana tiga ruas, di Jawa Tengah ada Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Salatiga-Kertosuro. Kalau yang di Jawa Timur itu di antaranya Wilangan-Kertosono, Gempol-Porong, Pasuruan-Grati, ada tujuh ruas kira-kira," ucapnya.


Setelah diresmikan, ketujuh ruas tol tersebut dioperasionalkan secara gratis sampai akhir tahun. Baru pada awal tahun 2019 ketujuh tol tersebut akan dipasang tarif yang saat ini besarannya masih dihitung pemerintah.

"Jadi kesiapan khususnya untuk mudik Nataru (Natal dan Tahun Baru) ini untuk Jawa sudah siap semua. Selain itu jalan-jalan nasional juga sudah kita (kerjakan), saya kira tidak ada masalah," pungkas Basuki.




Tonton juga 'Alasan Jokowi Tak Melulu Bangun Pulau Jawa':

[Gambas:Video 20detik]


(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed