Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 20 Des 2018 11:36 WIB

Perjalanan Tol Trans Jawa Akhirnya Nyambung dari JKT sampai SBY

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Tim Infografis Foto: Tim Infografis
FOKUS BERITA JKT-SBY Tersambung Tol
Jakarta - Tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Surabaya akhirnya tersambung penuh secara resmi. Hal ini ditandai dengan diresmikannya tujuh ruas Trans Jawa sekaligus oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini.

Presiden Jokowi meresmikan tujuh ruas tol Trans Jawa dalam dua tahap hari ini. Pertama di jam 9.00 WIB untuk ruas Ngawi-Kertosono, Jombang-Mojokerto, Gempol-Pasuruan dan Surabaya-Gempol. Kemudian pada jam 13.00 WIB untuk ruas Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Semarang-Solo.

Dikutip detikFinance dari data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kamis (20/12/2018), jalan Tol Trans Jawa yang dikebut pemerintah sejak 2015 memiliki panjang 736,59 kilometer (km). Tol tersebut dimulai dari Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, Mojokerto-Surabaya, Gempol-Pasuruan, Pasuruan-Probolinggo dan Probolinggo-Banyuwangi.

Satu-satunya ruas Trans Jawa yang masih dalam pengerjaan saat ini adalah Probolinggo-Banyuwangi. Tol sepanjang 172,9 km tersebut rencananya baru akan selesai di penghujung 2019 mendatang.


Ruas-ruas Trans Jawa yang dibangun sekarang akan melengkapi rangkaian tol dari Merak hingga Banyuwangi yang sudah tersambung sebelumnya. Seperti tol Jakarta-Merak, Jakarta-Cikampek, Cikopo-Palimanan, Palimanan-Kanci dan Kanci Pejagan.

Ruas tol Trans Jawa pertama yang dibuka Jokowi adalah tol Cikampek-Palimanan 116,75 km, Gempol-Pandaan 12,05 km dan Porong-Gempol 3,55 km pada 2015. Kemudian pada tahun 2016, ada tiga ruas tol Trans Jawa yang dibuka, di antaranya Surabaya-Mojokerto seksi IV 18,47 km, Pejagan-Pemalang seksi 1 dan 2 20,2 km dan Kertosono-Mojokerto seksi 3 sepanjang 5,02 km.

Peristiwa Brexit (Brebes Exit) menjadi salah satu momen paling diingat dalam pengoperasian Trans Jawa. Melonjaknya minat masyarakat menggunakan tol saat mudik tak dapat diantisipasi dengan jumlah jalur yang memadai.


Kemudian pada 2017, ada empat ruas Trans Jawa yang dibuka. Pada tahun ini, sejumlah ruas Trans Jawa mengalami keterlambatan jadwal pengoperasian dari target yang ditentukan. Peristiwa ambruknya sejumlah konstruksi tol yang sedang dibangun juga ikut mewarnai molornya pengoperasian.

Dan pada tahun ini, tol Trans Jawa akhirnya tersambung penuh dari Jakarta hingga Surabaya. Sepanjang 2018, ada lebih dari 10 ruas Trans Jawa yang diresmikan hingga akhirnya tersambung penuh.

Waktu tempuh Jakarta-Surabaya dan sebaliknya bakal terpangkas signifikan berkat adanya Tol Trans Jawa. Trans Jawa dijadwalkan bisa beroperasi secara penuh atau komersil pada mudik Lebaran 2019.

Dengan total jarak dari Jakarta ke Surabaya lewat tol mencapai 760 km, maka kedua kota tersebut diproyeksi bisa dicapai dalam waktu 10 jam saja.





Tonton juga 'Keseruan Menjajal Tol Jakarta ke Surabaya Tanpa Putus!':

(eds/ara)
FOKUS BERITA JKT-SBY Tersambung Tol
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed