Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 20 Des 2018 13:38 WIB

Resmikan Trans Jawa, Jokowi Buka 616 Km Tol Dalam 4 Tahun

Grandyos Zafna - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
FOKUS BERITA JKT-SBY Tersambung Tol
Jombang - Tol Trans Jawa resmi beroperasi penuh dari Jakarta hingga Pasuruan hari ini. Setelah diresmikan Jokowi hari ini, tol yang baru beroperasi bisa dilewati secara gratis mulai besok.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan dengan tersambungnya ruas tol Trans Jawa dari Merak hingga Grati-Pasuruan, maka dari tahun 2015 hingga 2018 telah diselesaikan secara keseluruhan pembangunan 616 km jalan tol.

"Penyelesaian pembangunan ini melengkapi ruas-ruas jalan tol yang telah dioperasikan pada masa sebelumnya, yakni pada kurun 1978 hingga 2004 sepanjang 242 km jalan tol, serta pada kurun 2005 hingga 2014 sepanjang 75 km," katanya dalam sambutan di Jombang, Jawa Timur, Kamis (20/12/2018).


Basuki mengatakan ruas tol Trans Jawa membentang dari Merak hingga Banyuwangi sepanjang 1.150 km. Dari panjang tersebut, 933 km telah tersambung dari Merak hingga Grati-Pasuruan, termasuk tujuh ruas jalan tol yang diresmikan Presiden Jokowi hari ini.

Basuki berterima kasih dan mengapresiasi Kementerian/Lembaga dan BUMN yang telah bekerjasama dengan baik selama proses pembangunan ruas-ruas tol Trans Jawa. Termasuk kepada seluruh lapisan masyarakat.


Dengan diresmikannya pengoperasian tol Trans Jawa secara penuh hari ini, diharapkan dapat membantu kelancaran perjalanan masyarakat yang akan melaksanakan libur Natal dan Tahun Baru 2019.

"Kami usulkan kepada Bapak Presiden bahwa tarif keempat ruas tol yang akan diresmikan kiranya dapat digratiskan hingga berakhir libur Natal dan Tahun Baru 2019," tutup Basuki. (eds/ara)
FOKUS BERITA JKT-SBY Tersambung Tol
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed