Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 26 Des 2018 10:49 WIB

Pembebasan Lahan Bendungan Sukamahi dan Ciawi Selesai Januari 2019

Andhika Prasetia - detikFinance
Foto: Dok Kementerian PUPR Foto: Dok Kementerian PUPR
Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa pembebasan lahan proyekBendunganSukamahidanCiawi akan rampung pada Januari tahun 2019.

Hal itu diungkapkan usai melakukan peninjauan kedua proyek tersebut, turut mendampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum.

"Tadi disampaikan untuk perkembangan konstruksi di Sukamahi sudah 15%, di Ciawi sudah 9%. Pembebasan lahan sudah 50% dan Insya Allah Januari sisanya bisa diselesaikan. Tinggal pembayaran," kata Jokowi di Kawasan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/12/2018).

Dia mengatakan, target penyelesaian kedua proyek ini juga tetap pada tahun 2019.

Mantan Wali Kota Solo ini menjelaskan bahwa kedua bendungan ini nantinya akan mampu menurunkan jumlah air yang masuk ke Jakarta.

"Ini salah satu antisipasi banjir Jakarta yang dikerjakan di hulu," ujar dia.

"Di hulu seperti pembangunan Waduk Sukamahi dan Ciawi, yang di hilirnya banyak seperti Ciliwung, sodetan Ciliwung ke BKT, terus sekarang yang dikerjakan Pak Gubernur membuat sumur resapan, drainase dibersihkan. Kalau itu semua dikerjakan, Insya Allah mengurangi banyak. Contoh di sini saja, di Sukamahi diperkirakan mengurangi banjir di Jakarta 30%. Gede banget," sambung dia.





Tonton juga 'Alasan Jokowi Tak Melulu Bangun Pulau Jawa':

[Gambas:Video 20detik]

(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com