Progres Bendungan Ciawi dan Sukamahi yang Rampung 2019

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 26 Des 2018 11:34 WIB
Foto: Andhika Prasetia-detikcom
Bogor - Pembangunan dua bendungan di Kawasan Puncak Bogor masih terus berlanjut. Dua bendungan ini adalah Ciawi dan Sukamahi yang masuk ke dalam 49 proyek bendungan baru pemerintah.

Pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi sendiri hingga kini masih dalam tahap penggalian pengalihan aliran sungai dengan konduit. Menurut Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hari Suprayogi, proyek bendungan ini ditargetkan selesai akhir tahun 2019.

"Progressnya Bendungan Ciawi 9%, Sukamahi 12 %. Jadi dua-duanya kita masih bikin saluran pengalih aliran sungai dulu," ungkap Yogi saat ditemui di Bendungan Ciawi, Bogor, Rabu (26/12/2018).


Yogi menjelaskan bahwa untuk membangun sebuah bendungan maka terlebih dahulu memangkas aliran sungai. Maka, pihaknya kini sedang membangun pengalih aliran sungai atau saluran pengelak (conduit).

"Ini semua masih tahap menggali untuk konstruksi conduit di dua bendungan, jadi nanti kita tutup aliran sungainya dahulu, jadi dialihkan ke conduit jalan airnya. Kalau tanahnya kering nanti bisa kita bangun lah bendungannya," ungkap Yogi.

Hari ini, Presiden Joko Widodo meninjau dua proyek bendungan ini bersama Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.






Tonton juga 'Alasan Jokowi Tak Melulu Bangun Pulau Jawa':

[Gambas:Video 20detik]


(hek/hek)