Ada Bendungan Ini, Banjir Kiriman ke Jakarta Jadi Berkurang

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 26 Des 2018 12:52 WIB
Foto: Dok Kementerian PUPR
Bogor - Pembangunan dua bendungan di Puncak Bogor, Jawa Barat direncanakan dapat signifikan mengurangi kontribusi banjir dari Bogor ke Jakarta. Dengan adanya bendungan ini kontribusi aliran air ke Jakarta bisa dikurangi menjadi 11%. Dua bendungan tersebut adalah Ciawi dan Sukamahi.

"Kalau disini dapat mereduksi kontribusi banjir ke Jakarta, dapat mereduksi aliran jadi cuma 30% dari total aliran air ke Jakarta. Lalu masuk ke Katulampa bisa berkurang lagi 23%, sampai akhirnya di aliran Ciliwung di Jakarta cuma 11%," kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hari Suprayogi saat ditemui di Bendungan Ciawi, Bogor, Rabu (26/12/2018).



Yogi menjelaskan dengan bendungan ini pun dapat mencegah puncak banjir yang menuju Jakarta. Menurut perkirannya dengan adanya bendungan ini dapat menahan aliran air sekitar 4 jam sebelum ke Jakarta.

"Menggeser puncak banjir bahasa teknisnya bisa lah nahan air sekitar 3-4 jam disini, jadi tinggal cuma 11% kontribusi banjir ke Jakarta. Khususnya daerah yang dialiri jalur Kali Ciliwung," jelas Yogi.



Adapun, daerah Jakarta yang dialiri Kali Ciliwung antara lain, Kelurahan Matraman Dalem, Bukit Duri, Kebon Baru, Bidara Cina, Kampung Melayu, Pengadegan, Gang Arus, dan Rawajati. (hek/hek)