Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 08 Jan 2019 18:29 WIB

Ada Lahan Belum Bebas, Bagaimana Nasib Proyek Jembatan Musi VI?

Raja Adil Siregar - detikFinance
Foto: Raja Adil Siregar/detikcom Foto: Raja Adil Siregar/detikcom
Palembang - Pemkot Palembang hari ini secara resmi melakukan soft launching Jembatan Musi IV yang diuji coba 5 hari lalu. Selain itu, ada pula Jembatan Musi VI yang dibangun. Bagaimana nasibnya sekarang?

Dari pantauan detikcom di lokasi, Selasa (8/1/2019) terlihat bentang tengah pada Jembatan Musi VI ini sudah tersambung. Namun kedua sisi jembatan itu rupanya belum ada akses.

Dari sisi Ilir pengerjaan terlihat dilakukan beberapa pekan lalu, namun akhir-akhir ini pengerjaan mulai dihentikan dan warga menyebut pekerja hanya lalu lalang saja di sekitar proyek milik Pemprov Sumatera Selatan.

Proyek Jembatan Musi VIProyek Jembatan Musi VI Foto: Raja Adil Siregar/detikcom



"Nggak ada yang kerja. Udah beberapa minggu ini dan katanya sudah berhenti. Lahannya belum bebas," sebut seorang warga, Rahma saat berbincang dengan detikcom.

Dikatakan Rahma, lahan di seberang Ilir memang pernah menjadi kendala pada September 2018, namun terakhir lahan sudah dibebaskan dan pengerjaan pun sempat dilanjutkan.


Proyek Jembatan Musi VIProyek Jembatan Musi VI Foto: Raja Adil Siregar/detikcom

Sejak awal 2019, dirinya mengaku tak pernah melihat ada pekerja di sekitar lokasi. Bahkan beberapa alat berat telah dipindahkan ke dalam lokasi proyek.

"Kemarin sempat ada mobil proyek atau alat berat, sekarang sudah tidak ada lagi. Padahal kalau masalah lahan di sebelah Ilir ini sudah bebas, nggak tahu kalau di Ulu," katanya Rahma menunjuk beberapa girder yang tertumpuk di lokasi proyek.

Meskipun begitu, dirinya sempat melihat beberapa kali lampu led diuji coba saat malam hari. Warga sekitar pun mengaku sempat mengabadikan momen uji coba yang memunculkan kalimat 'Jembatan Musi VI'.


Proyek Jembatan Musi VIProyek Jembatan Musi VI Foto: Raja Adil Siregar/detikcom

Sementara Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah V, Agus Syaiful Anwar saat dikonfirmasi usai soft launching Musi IV menyebut pengerjaan terhenti karena lahan belum bebas.

"Kalau Musi VI terus dikerjakan. Itu yang bangunnya dari Pemprov dan dikerjakan terus. Kami dari Kementerian ditugaskan membangun di sisi Ulu, sekarang masih belum bisa dilanjutkan karena lahannya belum bebas," kata Syaiful.

Untuk pengerjaan akses di sebelah Ulu, BBPJN telah menganggarkan sekitar Rp 60 miliar, namun sejauh ini dana untuk pengerjaan baru terserap Rp 10 miliar.

"Dianggarkan Rp 60 miliar, yang terserap 10 miliar karena lahan di sebelah Ulu itu belum bebas. Untuk di Ahmad Yani kalau bebas pasti dilanjutkan. Kami tidak mau kerja sepotong-sepotong," kata Syaiful.

Proyek Jembatan Musi VIProyek Jembatan Musi VI Foto: Raja Adil Siregar/detikcom



Sebagaimana diketahui, jembatan Musi VI dibangun melalui dana APBD Provinsi Sumatera Selatan dalam 2 tahap. Tahap pertama dilakukan di tahun 2015-2016 dengan nilai proyek sekitar Rp 334 miliar.

Selanjutnya ditahap kedua tahun 2017-2018 dengan nilai proyek Rp 219 miliar. Jembatan itu memiliki lebar 11,5 meter dan lebar 1.225 meter yang terbentang dari Ilir ke Ulu. (ras/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com