Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 10 Jan 2019 17:05 WIB

Bantu RI Pulihkan Palu, Jepang Kirim 50 Tenaga Ahli Bencana

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Dok. Bappenas Foto: Dok. Bappenas
Jakarta - Jepang akan membantu Indonesia dalam pemulihan Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), pasca gempa dan tsunami. Proyek bantuan tersebut ditandai MoU antara Japan International Cooperation Agency (JICA) dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Sebagai langkah awal, JICA telah mengirim 50 tenaga ahli. Mereka ditempatkan di Palu dan Jakarta. Tenaga ahli itu dikirim untuk membantu pemerintah membuat peta risiko dan ancaman bencana.


"Hingga bulan ini sudah ada kurang lebih 50 ahli dari Jepang yang melakukan penelitian untuk hal ini. Mereka ditempatkan di dua tempat sebagian besar di Sulteng, sisanya di Jakarta." kata Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) Shinichi Kitaoka, di Gedung Bappenas, Kamis (10/1/2019).

Shinichi mengatakan sampai saat ini tim ahli masih dalam tahap diskusi dengan pemerintah, selanjutnya terjun ke lapangan. Selain itu, Shinichi menambahkan, JICA tak hanya bekerja membenahi Sulawesi Tengah saja, melainkan juga untuk membantu pemerintah Indonesia membuat kebijakan mengatasi bencana.


Shinichi juga mengatakan pihaknya pun bukan hanya akan berkerja sama di Sulawesi Tengah saja. Namun, ingin membantu pemerintah Indonesia dalam membuat kebijakan mengatasi bencana.

"Untuk saat ini memang kami fokus ke Sulawesi Tengah. Ke depannya kami ada harapan untuk membantu Indonesia dalam rangka pembuatan policy (kebijakan) pemetaan bencana," tutur Shinichi. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed