Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 14 Jan 2019 18:30 WIB

Operasi LRT Jabodebek Molor 2 Tahun jadi 2021

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Progres pembangunan LRT Jabodebek hingga kini sudah mencapai 56,1%. LRT Jabodebek baru siap beroperasi secara komersial di Maret 2021.

"Komersial either di akhir 2020 atau pertengahan 2021," kata Direktur Operasi II Adhi Karya Pundjung Setya Brata dalam paparan di Pabrik Precast LRT Jabodebek, Pancoran, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Dia mengatakan, perhitungan LRT Jabodebek beroperasi Maret 2021 dengan mempertimbangkan bahwa pembebasan tanah untuk Depo LRT di Bekasi Timur tuntas di Maret 2019 ini. Awalnya LRT Jabodebek ditargetkan beroperasi penuh pada pertengahan 2019.

Kemudian yang juga jadi pertimbangan adalah sudah dicapai kesepakatan antara Pemprov DKI Jakarta dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kesepakatan tersebut terkait titik Stasiun LRT Dukuh Atas. Jika sudah sepakat maka siap dibangun.


"Jadi Maret 2021 dengan kondisi Depo Maret (2019) dibebaskan semua kemudian (Stasiun) Dukuh Atas sudah bisa dikerjakan," sebutnya.

Hal tersebut sudah dibahas dalam Rapat Terbatas (Ratas) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Berdasarkan hasil ratas sudah ada titik temu, di mana titik stasiun kemungkinan sesuai keinginan Pemprov DKI Jakarta.

"Kemarin kan ada opsi satu dan opsi dua. Opsi satu adalah yang membawa dari Kementerian Perhubungan, opsi dua dari Pemprov DKI. Jadi ini lebih kita follow up arah arahnya di sisi opsi dua yang di tempatnya Pemprov DKI," jelasnya.


Dia menuturkan kesepakatan antar Kemenhub dan Pemprov DKI akan tuntas dalam waktu dekat.

"Kalau Dukuh Atas mestinya ratas kemarin bisa segera konkret dalam waktu dekat ini lah," tambahnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed